Pengajian Rutin Pembentukan Karakter ASN, Camat Cinere Ajak Teladani Rasulullah SWT Semoga Barokah

DEPOKUPDATE.ID, CINERE – Di tengah rutinitas kerja, para Ksatria dan Srikandi Aparatur Sipil Negara (ASN) baik yang ada di Kelurahan maupun di kantor Kecamatan Cinere Kota Depok mengikuti pengajian rutin hari Rabu sebagai pembasuh jiwa untuk menyegarkan keimanan dan menambah ilmu tentang agama Islam.

Pengajian kali ini, digelar bertepatan dengan momen menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam pengajian yang mengambil tema “Rezeki Yang Barokah” berlangsung pada Rabu (12/10/2022) pagi, di Aula Kantor Kecamatan Cinere.

Turut hadir Camat Sugianto, Lurah berserta ASN se-Kecamatan Cinere baik yang hadir langsung di tempat pengajian maupun melalui online.
“Alhamdulillah Pengajian rutin ASN, sebagai pembentuk karakter keimanan kita, untuk itu mari menyempatkan diri mengikuti pengajian ini dan mendengar ceramah para ustadz ataupun para kiai yang diundang, karena sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang agama Islam dan juga menambah keimanan kita semua di tengah kesibukan rutinitas kerja,” ajak Camat Cinere, Sugianto, Rabu (12/10/2022) di kantornya.

Bacaan Lainnya

Sugianto menjelaskan, Dalam ajaran Islam, apabila ada orang senang maka kita harus ikut senang, dan sebaliknya apabila ada saudara atau teman maupun rekan kerja yang ditimpa musibah seperti terkena bencana, maka harus ikut bersedih dan sebisa mungkin memberi bantuan.

Camat Cinere Sugianto

“Obat penyakit hati iri dan dengki, yaitu untuk urusan akhirat dan kabaikan maka harus melihat ke atas sedangkan untuk urusan duniawi, maka harus melihat ke bawah, sehingga dengan demikian akan membawa kebaikan dan ketenangan. Sebagi contoh, kita harus iri apabila ada orang yang ibadahnya atau rajin berbuat kebaikan. Sehingga kita termotivasi agar bisa seperti orang tersebut,” terang Sang Camat Cinere.

“Begitu juga sebaliknya bila melihat orang dengan limpahan rezeki atau kemewahan, kita harus melihat ke bawah di mana masih banyak orang lain yang kekurangan, sehingga kita selalu menjadi orang yang pandai bersyukur, bukan menjadi orang yang kufur nikmat. Orang yang kufur nikmat adalah salah satu sifat manusia yang dibenci oleh Allah SWT,” tambahnya.

Berkaitan dengan momen ini Sugianto mengajak para Pegawai ASN di lingkungan Kecamatan Cinere meneladani sifat-sifat yang ada pada Rasulullah di antaranya menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan amanah (bisa dipercaya).
“Nilai kejujuran dengan berjalan di atas kejujuran dan kebenaran maka ASN ke depannya akan terus maju dan semakin berkah,” tuturnya.

Menurutnya, bahwa manusia adalah makhluk bersosial sehingga tidak bisa hidup sendirian dan perlu bergaul atau berteman, karena banyak manfaat yang bisa didapat.
“Manusia perlu bergaul atau bersosial. Namun, dalam bergaul ada sisi baik dan buruk, dan sangat tergantung dengan siapa kita bergaul. Dalam bergaul, hendaknya kita bisa mengambil sisi yang baik, dan meninggalkan sisi yang buruk,” ujarnya.

Pergaulan sangat dominan dalam membentuk karakter seseorang, sehingga dalam bergaul hindari teman yang mempunyai sifat iri dan dengki, karena akan berdampak buruk dan bisa merugikan.
“Sebagai contoh dalam lingkungan tempat kerja, misalnya ada pegawai yang dipromosikan untuk naik jabatan atas dasar kinerja dan prestasinya, maka orang yang mempunyai sifat iri dengki akan membencinya, bukan sebaliknya merasa senang,” jelasnya. (adi).