Pemilihan Ketua LPM Pondok Cina Hari Ini Incumben Berpeluang Aklamasi

Ketua panitia pemilihan LPM Kelurahan Pondok Cina, Eko Yulianto, bersama Panitia rapat membahas pelaksanaan acara pemilihan di dampingi oleh Ketua LPM H. Munir

DEPOKUPDATE.ID, PONDOK CINA – Pemilihan Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kelurahan Pondok Cina Kecamatan Beji Kota Depok, akan digelar hari ini Jumat (23/9/2022), malam di kantor Kelurahan Pondok Cina jalan Margonda Raya.

H. Munir yang juga incumben Ketua LPM Kelurahan Pondok Cina sudah mendaftarkan kembali menjadi ketua periode 2022 – 2027. Pemilihan pucuk pimpinan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) menarik perhatian masyarakat, dari proses pendaftaran, berlangsungnya pemilihan hingga diputuskan Ketua terpilih.
Hari pertama pendaftaran calon ketua LPM Kelurahan Pondok Cina periode 2022-2027. Pendaftaran dimulai 18 september hingga 22 Tahun 2022.

Ketua panitia pemilihan LPM Kelurahan Pondok Cina, Eko Yulianto mengatakan, setelah dibukanya pendaftaran, baru satu calon yang mendaftar yakni dari calon incumben atau ketua periode sebelumnya.

Ketua panitia pemilihan LPM Kelurahan Pondok Cina, Eko Yulianto, bersama Panitia rapat membahas pelaksanaan acara pemilihan di dampingi oleh Ketua LPM H. Munir

“Ya memang yang mendaftar baru satu calon. Yakni dari incumbent atau ketua LPM periode sebelumnya. Itu yang baru mendaftarkan diri jadi calon ketua LPM 2022-2027,” kata Eko, sapaan akrabnya kepada depokupdate.id, Kamis (22/9/2022).

Bacaan Lainnya

Lanjut Eko, sosialisasi maupun pengumuman sudah terpasang di wilayah Pondok Cina, dengan waktu pendaftaran 18 sampai september 22. Setelah masa pendaftaran selesai beragam atribut sosialisasi diakuinya bakal dicopot. “Kita tunggu calon-calon berikutnya. Karena kita harap calon yang terpilih jadi ketua LPM periode berikutnya dapat amanah dan mementingkan warga serta lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua RW 6 Sihabudin, kepada depokupdate.id, menyampaikan, calon yang mendaftar untuk menjadi Ketua LPM harus memenuhi syarat. Minimal didukung oleh tiga RW.
“Ini untuk incumbent ini saat mendaftar didampingi oleh 9 RW yang ada di Kelurahan Pondok Cina. Sudah melampaui syarat. Kita akan tunggu calon baru ada atau tidak,” ucapnya.

Ketua RW 6 Sihabudin (RW Ucok) atas berkaos, bersama 9 RW nyatakan dukungannya kepada calon Incambent H. Munir

“Alhamdulillah, para Ketua RW dan perwakilan RT sudah menyatakan sikap mendukung H. Munir menjadi Colan Ketua LPM, tapi kalau ada yang mencalonkan berarti ada RW yang Ingkar janji,” sebut Ucok.

Pria yang akrab disapa RW Ucok ini, berharap, selain dukungan dari unsur RW dari 9 Rw dan perwakilan RT, berharap berbagai elemen seperti Ketua BKM, tokoh masyarajat, tokoh Agama dan para pemuda, dan lupa para ibu-ibu mendukung penuh H. Munir menjabat sebagai Ketua LPM periode 2022 – 2027. Jika tidak ada lagi pendaftar proses pemilihan akan dilakukan secara aklamasi.

RW Ucok juga berharap Ketua terpilih bisa memberikan inovasi dan kreativitasnya membangun lingkungan dan masyarakat.
“Saya harap inovasi dan kreativitas untuk membangun lingkungan jika terpilih. Tentunya yang bermanfaat dan bisa mensejahterakan masyarakat sekitar,” pintanya.

Anggota DPRD Depok Fraksi PKS Teuku Farida Rahmayanti (Bunda Opi) bersama Sekcam Beji Ahmad Rifa’i Sekel Pondok cina Santoso Lili, dan Ketua LPM pondok cina H. Munir di acara Silaturrahmi dengan masyarakat pondok cina, sekaligus H. Munir, beberkan hasil kegiatan selama mimpin LPM

Calon Ketua LPM yang juga Petahana, H. Munir menyatakan kesiapannya jika kembali terpilih menjadi Ketua LPM Pondok Cina. Ia menyebut, banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan terkait pembangunan infrastruktur hingga berbagai program di masyarakat.
“Ya kalau terpilih lagi saya akan kembali lanjutkan pekerjaan yang belum selesai. Target pun kita sudah siapkan dalam membangun lingkungan kedepannya,” ujarnya.

“Salah satunya itu yang akan menjadi target saya jika terpilih lagi menjadi Ketua LPM. Minimal, Pondok Cina yang berada di di perbatasan langsung dengan DKI Jakarta menjadi ikon sebagai wilayah yang tertata pembangunannya. UMKM juga kita akan kembangkan baik dari yang kreatif maupun menengah kebawah,” ungkapnya.

Anggota DPRD Depok Fraksi PKS Teuku Farida Rahmayanti (Bunda Opi) menyampaikan, sesuai dengan perda yang ada, proses pemilihan LPM harus mengikuti aturan. Sebagai Anggota Dewan akan mendukung selama proses pemilihan tersebut berlangsung. “Kami akan terus mendukung, yang penting kondusif,” tutur Bunda Opi.
“Saya sering melihat Sosok H. Munir dengan Kami sebagai Anggota DPRD, setiap ada program dari Kami selalu berjalan dengan baik dan saya setuju beliau jadi lagi,” ucapnya.

Di tempat yang berbeda TP. PKK Kelurahan Pondok Cina Mila dan Ratinah mengapresiasi kinerja Ketua LPM H. Munir, dimana saat kepemimpinan beliau pembangunan rata diberbagai sektor.

“Saya bangga, apalagi masyarakat di wilayah saya sangat mengapresiasi kinerja Bang Munir,” ucap Mila.

Hal yang sama juga di sampaikan Ratinah, mengatakan, H. Munir berpengalaman dan mumpuni dalam memimpin wilayah.

“Sosok incumbent yang memang sudah terbukti kinerjanya di wilayah pondok cina, sosok H. Munir sudah bekerja untuk wilayah, sehingga tercipta ketertiban, keamanan dan keindahan serta kesejahteraan warga di wilayah.

“Beliau sosok pemimpin yang suple, dekat dengan warganya dan selalu memberikan pelayanan untuk kepentingan warganya, ga tau siang atau malam H. Munir selalu hadir di tengah masyarakat,” paparnya.

Dalam keseharian nya, H. Munir pun selalu mendukung dan mensuport kegiatan yang di lakukan oleh organisasi wilayah, seperti TP. PKK, Karang Taruna dan yang lainnya.
H. Munir ini sering melakukan kegiatan pengajian dan selalu membantu kegiatan ibu-ibu di lingkungan.
“Beliau adalah seperti sosok yang suple, humanis yang arif dan bijaksana,” tambah Mila, yang di amini oleh Ratinah.

Ketua RW 2 bang Pay Mengakui, dirinya merasakan kedekatannya dengan sosok H. Munir.
“Saya mengenal sosok H. Munir, sudah mengenal lama bahkan jejak kinerja nya. Kedekatan beliau dengan masyarakat itu sangat amat persuasif dan selalu bersinergi dengan beberapa staf yang ada di pengurusan RW seperti LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan),” tutur bang pay.

“Menurut saya proses kerjanya di wilayah sangat nyata seperti keamanan, ketertiban dan kebersihan, di samping jiwa sosialnya yang tinggi, beliau sering melakukan kegiatan santunan,” pungkasnya. (adi).