Pemerintah dan KONI Kota Depok Beri Penghargaan Atlet dan Pelatih Berprestasi

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Pemerintah Kota Depok melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Depok memberikan apresiasi kepada sejumlah atlet dan juga pelatih yang telah berprestasi untuk Kota Depok, di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, Kamis (28/12/2023).

Pemberian apresiasi kepada Atlet dan Pelatih Berprestasi diserahkan Sekretaris Daerah Kota Depok Depok, H. Supian Suri, bersama dengan Ketua KONI Kota Depok, Herry Suprianto dan jajaran KONI Kota Depok.

Sekda berharap, para atlet dapat terbina dengan baik, terlebih mereka mempunyai pelatih dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memiliki biaya pembinaan untuk para pelatih. “Jadi bisa lebih konsentrasi dan ketika ada event-event sudah bisa dipersiapkan sebagai atlet Depok dengan pembinaan ini,” katanya.

Sementara Ketua KONI Kota Depok, Herry Suprianto mengatakan, acara ini merupakan pemberian apresiasi atau penghargaan kepada atlet dan pelatih yang telah lolos mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dan juga atlet yang telah berprestasi pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2023.

Bacaan Lainnya

“Kepada atlet yang lolos babak kualifikasi PON, kami berikan dana apresiasi sebesar 5 juta rupiah untuk setiap atlet. Sementara untuk para pelatih yang telah melakukan pembinaan sampai menjadikan atlet berprestasi kami berikan yaitu sebesar Rp.3 juta,” terang Herry Suprianto kepada Radar Depok.

Selain itu, untuk para atlet yang telah berhasil mendapatkan medali di ajang internasional maupun nasional, KONI juga memberikan apresiasi sesuai medali yang berhasil didapatkan oleh para atlet.

“Satu medali emas sebesar Rp3 juta, untuk perak Rp2,5 juta dan perunggu Rp2 juta, untuk beregu tergantung sesuai dengan persentase dan akan diakumulasikan sehingga jadi lebih besar,” ujar Herry Suprianto.

Herry Suprianto menjelaskan, untuk atlet yang mendapatkan medali pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) diberikan penghargaan sebesar Rp2,5 juta dan pelatih sebesar Rp2 juta.

“Total anggaran pemberian apresiasi bagi atlet, pelatih yang lolos PON dan memperoleh medali di POPNAS sebanyak Rp189 juta,” jelas Herry.

Selain prestasi yang diraih pada kejuaraan multi event tersebut, Herry Suprianto mengatakan, pada 2023 telah banyak prestasi yang diraih oleh atlet Kota Depok pada kejuaraan single event.

“Sebanyak 68 Medali Emas, 61 perak, 50 perunggu dengan total medali sebanyak 179 medali yang terdiri dari kejuaraan tingkat internasional 6 Emas 3 Perak 4 Perunggu, tingkat nasional 36 Emas 36 Perak 24 Perunggu, tingkat provinsi Jawa Barat 26 Emas 23 Perak dan 22 Perunggu,” ujar Herry Suprianto.

Herry atas nama KONI Kota Depok dan juga mewakili cabang olahraga yang ada di Depok memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemkot Depok yang selama ini begitu mendukung banyak hal terkait kegiatan dan juga pembinaan yang dilakukan Pemkot Depok.

“Khusunya kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Walikota, bapak Wakil Walikota Depok, Sekda Depok, dan juga Kadispora,” ujar Herry Suprianto..

Berikut atlet dan pelatih yang di berikan penghargaan:
Jumlah atlet : 24
Jumlah pelatih : 10
Atlet : Rp5 juta
Pelatih : Rp3 juta
Apresiasi Atlet POPNAS
Jumlah atlet : 11
Jumlah pelatih : 6 orang
Atlet : Rp2,5 juta
Pelatih : Rp2 juta.

Atlet Yang Memperoleh Medali Pada Single Event Emas : Rp3 juta, Perak : Rp2,5 juta dan Perunggu : Rp2 juta.
Total Anggaran : Rp189 juta. (**).