Panen Raya SMPN 5 Kota Depok Tambuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila

depokupdate.id, Beji – Siswa siswi SMPN 5 Kota Depok menampilkan tari Nusantara dalam perayaan Panen Raya Siswa siswi, semangat dan riang gembira menampilkan beberapa budaya, adat dan seni yang terdapat di beberapa Provinsi di Indonesia. Dengan penguatan Profil Pelajar Pancasila, gelaran yang pertama ini mengangkat tema Generasi Kuat, Generasi Hebat menuju Indonesia Emas.

Siswa SMPN 5 Kota Depok menggelar panen raya. Acara di halaman sekolah yang berlokasi di halaman sekolah yang berlokasi di Jalan Mandar No. 30, Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok Provinsi. Jawa Barat, Kamis (25/05/2023). Dihadiri dan dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd.,MM.

Berbagai kegiatan ditampilkan. Mulai dari pertunjukan tari, menyanyikan lagu, pentas seni budaya Nusantara, permainan tradisional, hingga pameran karya siswa. Semua penampilkan siswa kelas VII, itu merupakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd.,MM, memberikan apresiasi positif atas program yang terlaksana dari pagi hingga siang hari sebagai bentuk kegiatan sekolah yang patut dicontoh untuk mengasah kreativitas, inovasi serta kolaborasi siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd.,MM, memberikan apresiasi positif atas program panen raya di SMPN 5

“Keberhasilan festival panen raya yang berlangsung meriah ini tentunya tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, baik siswa, guru karyawan serta dukungan wali murid,” ungkap Siti.

Meskipun demikian, sejauh pelaksanaannya tentu melalui proses, seperti menanam, merawat dan akhirnya bisa panen. Semuanya murni dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh siswa maupun sekolah.

Kedepannya kegiatan semacam ini diharapkan dapat lebih dikembangkan dengan menggalang berkolaborasi dalam perbaikan serta pemasaran karya-karya siswa sehingga benar-benar mampu menjadi ajang mengasah life skill yang akan bermanfaatkan bagi kehidupan mereka kelak,” tuturnya.

Ditempat yang sama Kepala SMPN 5 Kota Depok Gesit Inderbuana. SPd mengatakan, panen raya siswa tetersebut merupakan proyek yang pertama kali digelar. Dalam kegiatan tersaji 10 stand berisi hasil karya siswa bertema kearifan lokal Nusantara.

“Allhamdulillah, aktualisasi dari P5 SMP Negeri 5 Ini merupakan gelar karya proyek yang pertama. Kami mengangkat kearifan lokal untuk menanamkan karakter profil Pelajar Pancasila. Sedangkan dimensi yang kami angkat adalah Generasi Hebat, Generasi Kuat menuju Indonesia Emas, dimensi mandiri, kreativitas, dan gotong royong,” terang Gesit kepada depokupdate.id, Kamis (25/05/2023), usai gelaran panen raya.

Menurut Gesit, dalam pembelajaran proyek ini sebagai upaya Penanaman profil pelajar Pancasila dalam proses penanaman, siswa dilatih kreatif, mulai saat mencari ide, berkolaborasi, menghadapi kesulitan, hingga bekerja sama dengan teman.

“Proses menanamkan karakter itu dalam satu semester. Sedangkan kegiatan kali ini adalah masa panen raya yang penanaman sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari,” katanya.

“Saat itulah anak-anak digembleng untuk menghasilkan profil pelajar Pancasila. Dan hasilnya kita pertunjukkan melalui panen raya kali ini,” terang dia.

Sementara itu Ketua Komite Sekolah SMPN 5 Suprianto, mengaku senang bisa menghadiri sebagai satu bentuk cara untuk melestarikan budaya Indonesia agar tidak hilang ditelan kemajuan zaman.

“Panen Hasil Belajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) atau sering dikenal dengan Panen Raya, ini Ini penampilan perdana saya dalam kegaiatan seperti ini. Alhamdulillah disambut gembira oleh para siswa,’ ucap Suprianto

Suprianto mengaku, Kegiatan dari (P5) tersebut menampilkan beberapa budaya, adat dan kesenian yang ada di beberapa Provinsi di Indonesia.
“Saya berharap ke depan panen raya akan lebih baik, terencana dan sistematis sehingga nanti akan semakin meriah,” harapnya. (Adi).