Minim SDM Wasit, Perbasi Kota Depok Gelar Penataran Wasit dan Pelatih Berkualitas

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok – Perbasi Kota Depok menggelar penataran pelatihan wasit dan Pelatih Lisensi C, dengan mengundang pemateri pelatih Lisensi FIBA ​​Perbasi Jabar, Heru Yuharso dan Ari Adiska, permasalahan perwasitan di Depok menjadi kebutuhan tersendiri dari tahun ke tahun. Selain minimnya kuantitas wasit, saat ini pengetahuan SDM wasit juga masih jauh dari harapan.

Acara di buka langsung Ketua Umum Perbasi Kota Depok Banu Muhammad, dilaksanakan Aula gedung lingkungan kantor KONI Kota Depok, selama tiga hari 26 – 28 Februari 2024.

Banu berharap jika pelatihan 3 hari ini di ikuti 32 calon pelatih dan 9 wasit. hal ini menurutnya dapat menjadi bekal kedepannya untuk membimbing pebasket usia muda.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Depok Tammy Muslim Dayu, mengatakan Penataran Dasar Pelatih Lisensi C Kota Depok diikuti sebanyak 41 peserta yang berasal dari Kota Depok.

Penataran kali Kata Tammy yang juga sebagai Ketua Panitia, hal ini juga sekaligus memberikan edukasi kepada peserta dalam hal perwasitan, apa itu hak wasit, kewajiban wasit. Termasuk apa yang harus dilakukan oleh pelatih.
“Banyak yang mendaftar namun hanya di batasi ada 41 pelatih yang mengikuti,” ujar Tammy, ketika ditemui depokupdate.id, Senin (26/02/2024), di KONI Depok.

Tammy berharap, kedepannya para pelatih dapat mengembangkan materi yang didapat dari penataran ini. “Penataran dasar pelatih basket ini merupakan pemacu awal untuk para pelatih yang belum mendapatkan lisensi C, jangan terpaku belajar hanya disini, tetapi harus bisa mengembangkan materi-materi yang diberikan,” tambahnya.

Sementara Renaldi Puncak Nugroho menjabat sebagai bidang organisasi Perbasi Kota Depok menambahkan, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk pengetahuan dasar bagi para pelatih yang belum memiliki lisensi C. 

Lisensi merupakan syarat utama bagi para pelatih untuk melakukan pelatihan. “Dengan adanya kegiatan ini adalah agar kedepannya para pelatih dapat lebih mengerti aturan-aturan main terbaru yang telah ditetapkan oleh PERBASI Kota Depok, serta mengembangkan dan bisa mengangkat nama PERBASI Kota Depok di kejuaraan-kejuaraan yang akan datang,” terang Renaldi.

Pupun panggilan akrabnya mengatakan, Pemateri dari Perbasi Jabar, pelatih Heru Yuharso dan Ari Adiska dan Wasitnya Lukmanul Halim Lubay dan Yosep Norida Kuncara.

Mereka memberikan beberapa materi dasar yang harus diketahui oleh pelatih-pelatih basket yang belum mendapatkan lisensi C. “Materi yang diberikan yaitu materi-materi tingkat dasar. Materi yang diberikan yaitu offence (penyerangan) dan Defence (bertahan) untuk kategori atlet-atlet usia muda,” tuturnya. 

Pupun berharap jika pelatihan 3 hari ini dapat menjadi bekal kedepannya untuk membimbing pebasket usia muda. “Kami dari PERBASI Kota Depok sudah memberikan yang terbaik untuk calon-calon pelatih dan kami khususnya saya, berharap agar para pelatih yang telah mendapatkan pelatihan dan penataran menjadi pelatih yang professional, berkualitas, dan berdedikasi tinggi untuk basket khususnya di Kota Depok,” tutupnya. (**).