Milat Ke-12 Komunitas Pandan Merdeka Depok Gelar Kontes Berbagai Jenis Batu Akik

depokupdate.id, Depok – Ribuan batu akik dari berbagai penjuru Indonesia akan ikut dalam kontes batu akik di Balai Rakyat Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Batu akik yang ikut dalam Kontes yang digelar oleh Komunitas Pandan Merdeka, itu akan dibagi menjadi 121 kategori kelas yang dilombakan, berdasarkan jenis batu, keunikan warna, motif atau gambar dan corak warna yang melekat pada batu.

Ketua panitia pelaksana Abu Bakar mengatakan, para peserta kontes yang datang dari Jakarta, Bekasi, Bogor dan Depok. Hal ini di maksudkan sebagai HUT Milad Pandan Merdeka, selain itu untuk menggairahkan kembali dunia batu akik. “Alhamdulillah acara Milad Pandan Merdeka, berbagai macam jenis batu akik pandan, wulung dan batu anggur di lombakan dalam berbagai kelas untuk memperebutkan juara tiap kelas dan juara umum,” kata Abu Bakar, usai ikuti acara pembukaan, Sabtu (6/8/2022).

Ketua panitia Kontes batu akik Abu Bakar

Abu Bakar yang akrab dipanggil Haji Baban, menuturkan, acara ini sebagai perayaan Milad Pandan Merdeka yang ke 12 tahun.
“Pesertanya dari Jabodetabek. Alhamdulillah pada datang, disini ada 121 kelas yang dilombakan,” ujar Baban.

Panitia menyediakan hadiah untuk para fighter (peserta kontes) mulai juara per kelas sampai dengan Juara Umum “Untuk hadiah per kelas kami ambil dari pendaftaran, pembagiannya 70% untuk hadiah dan 30% untuk panitia.

Bacaan Lainnya

Selain itu kata Baban, menyediakan hadiah untuk Juara Umum Pandan pertama sebesar 5 juta, Juara Umum kedua 3 juta dan Juara Umum batu Anggur 1 juta selain itu ada King Of nya juga dan hadiah tersebut murni dari panitia diluar uang pendaftaran, biaya pendaftaran sebesar 200 ribu per batu.

“Kami sudah lama tidak mengadakan kegiatan seperti ini, terakhir waktu tahun 2016 dan sekarang kami bangkitkan lagi gairah perbatuan nusantara,” paparnya.

“Juri kami ambil dari beberapa daerah dan kami pastikan kontes ini fair play tidak ada yang namanya titipan. Kita punya batu asli Indonesia yang harus kita lestarikan jangan sampai kalah dengan batu dari luar Negeri seperti safir.
“Harapan kami kedepan semoga batu akik pandan kita agar lebih diminati warga Indonesia dan generasi muda dapat ikut melestarikan dan ini batu ciri khas orang Betawi,” ungkap Baban.

Sementara itu salah satu peserta kontes batu pandan yang di gelar pada acara Milad Ke 12 Pandan Merdeka, Zenta Prakarsa mengaku telah 7 tahun menyukai batu berjenis Pandan.

Zenta juga menuturkan, bahwa keikut sertaannya dalam sebuah komunitas batu panda adalah untuk menyalurkan hobi juga menambah tali persaudaraan antar sesama.
“Saya berasal dari Jakarta Barat, Alhamdulillah dengan adanya acara seperti ini selain karena hobi tetapi juga menambah banyak saudara,” tuturnya

Selain itu, menurut Zenta dengan adanya event tersebut diharapkan dapat melestarikan budaya betawi serta mampu menjunjung kekompakan serta solidaritas bagi para pecinta batu pandan.

“Diharapakan dapat mempererat tali persaudaraan agar lebih guyub dan mengedepankan budaya betawi itu sendiri,” kata Zanta.

Dilain itu, dari kecintaannya terhadap batu panda Zenta memiliki target, dimana iya berharap dapat meraih juara umum pada konten batu pandan tersebut.
“Ada dua target saya, yaitu menjadi juara umum dan memperbanyak saudara.” pungkasnya. (**).