Meningkatkan Sinergitas dan Kebersamaan, Kesbangpol Depok Gelar Pembinaan Jambore Ormas

depokupdate.id, Depok – Untuk meningkatkan rasa kebersamaan, kapasitas dan sinergitas sesama Ormas dan LSM di Kota Depok Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok menggelar Pembinaan dan Jambore Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Tahun 2022 di Griya Insan Cita, Jl. Prof Lafran Pane No 100 Bakti Jaya, Sukmajaya Kota Depok, Rabu (10/08/2022).
Badan Kesbangpol Kota Depok tampil beda dengan mendatangkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri dan Gegana Brimob Polri.

Cek Putri Humaria selaku Analis kebijakan Ahli muda Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Kemendagri mengapresiasi kegiatan Jambore Ormas 2022
“Kegiatan hari ini Jambore bagi ormas dan LSM ini positif, artinya Kesbangpol mempunyai tugas pokok dan fungsi pembinaan ormas itu telah menjalankan tugasnya dengan baik,” kata Putri, Rabu (10/08/2022).

Putri berharap Ormas juga dapat melaksanakan kegiatan dengan sesuai tugas dan apa bidangnya tentunya sesuai dengan tujuan Pembangunan Nasional.
“Kalau pembinaan tetap dilakukan melalui sosialisasi artinya saat ini kegiatan misalnya Pemerintah melaksanakan kegiatan di Daerah dengan melibatkan Ormas yang ada di daerah,“ seperti itu.

Cek Putri Humaria selaku Analis kebijakan Ahli muda Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Kemendagri mengapresiasi kegiatan Jambore Ormas 2022

Sementara itu Kepala Badan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok Abdulrrahman mengatakan, Jambore Ormas ini peserta akan mendapatkan pembekalan dan wawasan terkait dengan keorganisasian, mental, nasionalisme dan mencintai kotanya, sehingga akan membentuk rasa soliditas diantara Ormas dan LSM yang ada di Kota Depok.
“Dengan kebersamaan antara elemen masyarakat Kota Depok diharapkan akan bisa membangun Kota Depok kearah lebih baik lagi,” ucap Abdulrrahman.

Bacaan Lainnya

Pria yang akrab disapa Abra ini menyampaikan, Jambore Ormas di Kota Depok Tahun 2022 sesuai dengan tema yang kita tampilkan peningkatan kapasitas dan sinergitas ormas untuk Depok maju berbudaya dan sejahtera
“Bahwasanya terkait pembinaan organisasi kemasyarakatan khususnya di Kota Depok kami sangat konsen terhadap teman-teman yang berkegiatan dalam organisasi kemasyarakatan untuk terus selalu bersinergi dan ikut menjaga keseimbangan stabilitas Daerah dengan menciptakan suasana yang baik aman untuk mewujudkan Kota Depok maju berbudaya dan sejahtera.

“Di Kota Depok ada banyak LSM atau Ormas, namun mereka masih belum ada yang saling mengenal, karenanya dengan kegiatan ini kami harapkan agar mereka saling mengenal, sehingga akan meningkatkan silaturahmi diantara mereka,” tutur Abra.

Menurut Abra, Ormas juga harus bisa melaksanakan kegiatan dengan sesuai tugas dan apa bidangnya tentunya sesuai dengan tujuan Pembangunan Nasional.
“Kalau pembinaan tetap dilakukan melalui sosialisasi artinya saat ini kegiatan misalnya Pemerintah melaksanakan kegiatan di daerah dengan melibatkan Ormas yang ada di daerah “Seperti itu pembinaan saat ini karena tidak ada kerja sama khususnya di Kementerian Dalam Negeri dan kami tidak ada hibah,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Politik, Badan Kesbangpol Kota Depok Ndaru menambahkan, kali ini sebagai narasumber menghadirkan pejabat dari Kementerian Dalam Negeri dan juga dari pasukan Gegana Brimob Polri.
“Sebagai narasumber untuk memberikan materi-materi yang memang diperlukan dan dibutuhkan oleh teman-teman Ormas di kota Depok Brimob pun kita undang juga bukan tanpa alasan kita akan memberi kita berniat untuk memberikan satu hal baru,” jelasnya.

Kembali Ndaru mengungkapkan, tujuan jambore Ormas ini tidak merasa jenuh dan kita coba agak buat beda narasumber dari tahun-tahun sebelumnya supaya ada gairah baru ilmu dan pengalaman baru dari sumber yang kita hadirkan pada hari ini pada akhirnya ini merupakan keinginan dan cita-cita kita bersama khususnya di kami badan Kesbangpol Kota Depok,” terangnya.

“Kami pun juga ingin dekat dengan ormas di Kota Depok komunikasi harus selalu kita jaga apapun yang terjadi di Kota Depok. Mari kita dukung program-program Pemerintah Kota Depok
“Kalaupun ada permasalahan di lapangan dalam masyarakat kami juga memintakan kepada teman-teman untuk ikut untuk ikut bantu mencarikan solusi sehingga apa yang diinginkan oleh masyarakat keberadaan ormas dapat tercapai,” pungkasnya. (Adi).