Mahasiswa IPB Lakukan KKN, Lurah Kemirimuka Apresiasi Giat Mahasiswa Lakukan Literasi Taman Bacaan

depokupdate.id, Beji – Mahasiswa IPB melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) bermitra dengan Kelurahan Kemiri Muka Kecakatan Beji Kota Depok. KKNT mahasiswa IPB akan berkontribusi nyata dalam mengoptimalkan peran taman bacaan bagi masyarakat.

Bertajuk “Ceria di Taman Bacaan”, para mahasiswa terjun langsung mendampingi aktivitas gita membaca anak-anak melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang sekaligus menyosialisasikan program KKN yang dijalankannya kepada anak-anak pembaca aktif anak usia sekolah.

Selain itu, aktivitas KKN pun akan melibatkan warga sekitar dan ibu-bu warga belajar buta aksara. Melalui KKNT ini, nantinya, mahasiswa IPB akan berkiprah dalam dua kelompok dengan menjalankan program optimalisasi peran taman bacaan.

Bacaan Lainnya

Lurah Kemiri Muka, Denny Ferdian. SE ketika di temui media online ini mengatakan, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah lembaga pembudayaan kegemaran membaca masyarakat yang menyediakan dan memberikan layanan di bidang bahan bacaan, berupa buku, majalah, tabloid, koran, komik, dan bahan multi media lain, yang dilengkapi dengan ruangan untuk membaca, diskusi, bedah buku, menulis, dan kegiatannya.
“Kami sangat mengapresiasi inisiasi yang telah dilakukan kolaborasi antara pengurus lingkungan RW 009 dengan Mahasiswa/i KKN IPB,” ucap Denny.

Menurut Denny, mulai dari aktivitas pendampingan giat baca, data base koleksi buku, revitalisasi tanaman pekarangan rumah, pemeriksaan hewan, literasi digital, literasi finansial, pra event kampung literasi, dan aktivitas nyata bersama masyarakat, anak-anak pembaca aktif, dan warga belajar.

“Alhamdulillah, saya selaku Lurah Kemirimuka sangat mengapresiasi inovasi yang telah dibuat Mahasiswa, semoga dengan adanya taman baca masyarakat menambah minat baca masyarakat khususnya dikalangan remaja dan juga anak anak dilingkungan RW.009 bisa berjalan dengan baik,” paparnya.

Denny menambahkan, buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku selain mengalihkan ketergantungan remaja pada gawai/gadget juga semoga menambah khasanah ilmu pengetahuan bagi para kaum remaja.

“Menurut saya tanpa adanya campur tangan kedua belah pihak, terealisasinya taman baca masyarakat ini mungkin cuma sekedar impian,” ungkap Denny.

Melalui kedua kegiatan di atas, mahasiswa diharapkan mampu berkontribusi nyata melalui KKN Tematik yang efektif dan berdaya guna. Di samping mempersiapkan program, sehingga dapat menggapai mimpi juga cita-cita menjadi harapan bangsa. Aamiin Yaa Rabbal’Alamiin. “Terimakasih pak RW.009 pak Andri, para Ketua RT, Karang Taruna, kader Layak Anak, dan teman teman KKN IPB, mampu membuktikan kepedulain sosial dengan melakukan aktivitas konkret yang menyentuh persoalan kemasyarakatan, termasuk meningkatkan peran taman bacaan, ubah niat baik jadi aksi,” tutupnya. (Adi).