LLP SD/SMP se-Kota Depok Dibuka Wakil Walikota Depok, Ajang Melatih Karakter Mental Jadi Juara

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan swasta se-Kota Depok mengikuti lomba-lomba Pendidikan tingkat Kota Depok tahun 2024 digelar di stadion Merpati Kota Depok, Senin (4/3/2024).
Diawali devile peserta meskipun tadi diguyur hujan sebentar, namun tidak mengurangi semangat peserta.

Dibuka oleh Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, nampak hadiri Kapolresta Depok yang di wakili Polsek Pancoran Mas serta Dandim Kota Depok, Kepala Dinas Pendidikan Depok Siti Chaerijah beserta jajarannya, Ketua KONI Heri Suprianto, Camat Pancoran Mas, Lurah Depok Jaya,  serta Kepala-Kepala Sekolah SD dan SMP Negeri dan Swasta se-Kota Depok.

Tema kegiatan lomba- lomba pendidikan tingkat kota Depok 2024 ”Merdeka Berprestasi Talenta Menginspirasi Untuk Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera”.

Wakil Walikota Depok IBH mengungkapkan melalui Lomba Pendidikan para pelajar tidak sekedar mengejar juara, namun sejak dini dilatih mentalnya, semakin banyak latihan dan bertanding akan semakin baik mentalnya.

Bacaan Lainnya

“Ajang seperti ini juga menjadi ajang untuk melatih tumbuhnya karakter siswa yang jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh, unggul, dan cinta Tanah Air,” katanya, Senin (4/3/2024), di lapangan Merpati Kota Depok.

IBH berharap, dari kegemaran Lomba lomba ini, tentunya mampu mencetak generasi yang sportif, karena generasi yang sportif merupakan generasi yang memiliki kejujuran yang tinggi.
“Saya berpesan agar seluruh peserta maupun wasit dan juri supaya bisa bertanding dengan sportif,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Sutarno saat ditemui media mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah bagi siswa untuk meng-implementasikan penguatan pendidikan karakter melalui akademik, seni, olahraga, literasi yang di lembagakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Tujuannya diharapkan para siswa dapat mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, jujur, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab dan memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri sesuai warna budi pekerti karakter peserta didik,” ujar Tarno.

Ditambahkannya, bahwa peserta lomba-lomba Pendidikan ialah yang telah lolos seleksi tingkat Kecamatan untuk jenjang SD dan SMP Negeri dan swasta.
“Jumlah peserta lomba dan kontingen, revile 18 kelompok untuk jumlah SD 422 sekolah sedangkan untuk SMP 260 sekolah,” ucap Tarno.

Ketua panitia kegiatan lomba-lomba Pendidikan Syaiful Anwar mengatakan, persiapan ini kami mulai di pertengahan Februari, kisaran 3 Minggu dan panitia SD, SMP sepakat kegiatan ini dilaksanakan hari Senin, sebab pekan ini berlangsung PTS, jadi selepas anak-anak ujian kegiatan ini dilakukan.

“Lomba-lomba Pendidikan tingkat Kota Depok akan berlangsung dari Maret-Mei, peserta terbaik akan mengikuti ke tingkat Provinsi yang dilakukan Juni-September sedangkan tingkat Nasional bulan Juni-September,” paparnya.

Jenis lomba yang dilaksanakan O2SN SD terdiri dari dua mata pelajaran, SMP tiga mata pelajaran. Untuk O2SN tingkat SD terdiri dari 6 cabang olahraga, SMP terdiri 8 cabang olahraga.

“FLS2N untuk SD dan SMP masing-masing 5 jenis lomba, FLS literasi SD, SMP masing-masing 6 lomba. Untuk FTBI (festival tunas bahasa ibu) tingkat SD 6 cabang, SMP 7 cabang, kemudian untuk pentas PAI (Agama) terdiri dari SD dan SMP masing-masing 7 lomba,” tutup Anwar. (**).