Kodim 0508 Depok Gelar Karya Bakti Bersama Polres dan Pemkot Depok Pembersihan Saluran Air Pasar Kemiri Muka

Penulis: Eka
Editor: Adi Apeng

depokupdate.id, Depok – Kodim 0508 Depok bersama UPTD Pasar Kemiri Depok dan masyarakat setempat melaksanakan Karya Bakti dalam rangka antisipasi banjir dan timbulnya penyakit di Pasar Kemiri Muka, Kecamatan Beji Kota Depok. Jum’at (08/12/2023).

Karya Bakti ini perintah langsung dari Kepala Staf untuk meminimalisir genangan air, di musim penghujan.

Komandan Kodim (Dandim) 0508 Depok mengatakan bahwa Pasar Kemiri Muka dijadikan lokasi karya bakti karena terdapat tumpukan sampah berupa sampah plastik, sayuran hingga sampah rumah tangga yang berasal juga dari para pengunjung Pasar Kemiri.

Bacaan Lainnya

Komandan Kodim (Dandim) 0508 Depok, Kolonel Inf Totok Prio Kismanto, S.E., M.I.P mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu pencegahan banjir dan juga timbulnya penyakit pada saat musim penghujan.

“Saat ini kan intensitas curah hujan mulai sering, hampir setiap hari. Jadi kita laksanakan bersih-bersih saluran air, anak kali dan sekitarnya. Agar tidak tersumbat dan terjadinya banjir nantinya,” ujar Dandim 0508 Depok.

Kegiatan Karya Bakti TNI merupakan arahan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjutak. Gerakan ini harus dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodim se-Indonesia.

Komandan Kodim (Dandim) 0508/Depok, Kolonel Infanteri (Inf) Totok Prio Kismanto menjelaskan, ketika hujan Pasar Kemiri kerap banjir, yang disebabkan selokan di sana tersumbat sampah.

Oleh sebab itu, seluruh personel gabungan diturunkan untuk mengatasi masalah tersebut.

“Pasar Kemiri merupakan pasar sentral di Depok. Oleh sebab itu, kami melaksanakan kegiatan di sini (membersihkan selokan), dengan tujuan mencegah luapan air ke pasar saat musim penghujan,” tuturnya, usai kegiatan tersebut.

Menurut Kolonel Inf Totok, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat, serta menjaga kebersihan pasar, merupakan tugas bersama.

Pasalnya peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah banjir dan penyebaran penyakit dari lingkungan yang kotor.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Senin di seluruh Koramil menyasar sumber luapan air, dan akan terus berlanjut selama musim hujan,” paparnya. (**).