Kiai Idris, Peristiwa Isra Miraj Banyak Pelajaran yang Bisa Dipetik Untuk Menggapaì Pribadi yang Lebih Mulia

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok – Isra Miraj merupakan peristiwa penting di dalam sejarah Islam, Oleh karena itu Pemerintah Kota Depok dan Panitia Hari – Hari Besar Islam (PHBI) menggelar Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah,

Peringatan Isra Mi’raj yang digelar di masjid Balaikota Depok, Senin (12/02/2024), mengusung tema ‘Menggapai Pribadi yang Lebih Mulia’.

Walikota Depok KH Muhammad Idris dalam sambutannya mengatakan, peringatan Isra Miraj merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah dan juga membangun tali Ukhuwah Islamiyah diantara kaum muslimin.
“Dengan dilandasi Aqidah dan Iman serta Ibadah murni karena Allah SWT, Insyaa Allah mampu mempersatukan umat Islam di Kota Depok,” terang KH Idris.

Bacaan Lainnya

Peristiwa tersebut merupakan perjalanan spiritual Rasulullah SAW yang mengalami kesulitan dan ujian besar.
“Kesulitan karena beliau sempat merasa terpuruk dengan hantaman kuat melawan musuh di Makkah,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, Allah SWT menguji Nabi Muhammad SAW dengan ditinggal wafat oleh dua tokoh yang berpengaruh, yang mengasihi dan menyayanginya, yaitu Siti Khodijah (istrinya) dan Abu Thalib (pamannya).

Lalu, sambungnya, dalam perjalanan ditunjukkan bahwa kekuasaan, skenario maupun kehendak Allah SWT itu lebih hebat dari apa yang dihadapi oleh Nabi Muhammad SAW.
“Mari kita ambil pelajaran dan hikmah dari semua peristiwa Isra Mi’raj, karena semua itu akan menguatkan iman dan meningkatkan ketakwaan,” jelasnya. 

“Untuk itu mari jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk me-recharge energi dan sebagai motivasi agar kembali bersemangat dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, serta dapat menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” paparnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Depok, R. Gandara Budiana menyampaikan, kegiatan Isra Miraj merupakan pembelajaran tentang keutamaan shalat bagi umat muslim dan juga ajang silaturahmi antara para pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat. 
“Semoga tausiah yang di sampaikan oleh KH Muhammad Said dapat kita amalkan dengan baik khususnya perintah shalat lima waktu,” tuturnya.

Gandara mengungucapkan selamat memeringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah.
“Semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik dan bisa mengambil hikmah atas perjalanan Isra Mi’raj ini serta mengambil kebaikan dari amalan kita kesehariannya dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita menjadi pribadi yang saling menyayangi antar sesama,” tandasnya.

Penceramah KH. Muhammad Said dalam ceramahnya menjelaskan, bahwa peristiwa Isra Mi’raj menjadi peristiawa yang luar biasa yang menguji keimanan. Peristiwa Isra Mi`raj, bisa membuat Nabi Muhammad SAW bangkit dan semangat melanjutkan bangunan Islam betapapun beratnya ujian dan besarnya rintangan menghadang jalan perjuangan.

Untuk itu, kata dia, semangat bangkit kembali meski banyak rintangan yang terjadi harus diteladani.

“Spirit Isra Mi`raj adalah spirit berjuang dengan semangat meski banyak rintangan menghadang. Mari kita jadikan keteguhan spirit Nabi Muhammad SAW untuk terus memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih mulia,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota Imam Budi Hartono, dan Sekretaris Daerah Supian Suri beserta para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Depok, Ketua DPRD Kota Depok, HTM Yusufsyah Putra dan Ketua MUI Kota Depok, KH Ahmad Dimyathi Badruzzaman. (**).