Ketua RT 06 RW 01 Kelurahan Mekarjaya, Pimpin Langsung Ronda Malam Selama Bulan Ramadhan dan Jelang Lebaran

DEPOKUPDATE.ID, MEKARJAYA – Sambut Bulan Ramadhan 1444 H, Ketua RT 06 mengaktifkan ronda malam untuk menciptakan situasi aman dan kondusif selama Ramadan. Hal ini dikatakan sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Sang Pencipta sehingga bisa bertemu kembali dengan Ramadhan. Sekaligus guna memperkuat silaturrahmi serta menjadi media untuk saling meningkatkan kemanan dan ketertiban (kamtibmas) di wilayah, RT 06 RW 01 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya mengadakan ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) selama Bulan Suci Ramadan.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh warga di RT 06, sebagai upaya menjaga keamanan selama menjalankan ibadah puasa. Mengingat, di Kota Depok sedang rawan tawuran dan tindakan kriminal.

“Kami adakan ronda malam dengan melibatkan warga dan pengurus RT untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap kondusif,” tutur Ketua RT 06 RW 01 Kelurahan Mekarjaya, Rasmal A. Sikumbang, kepada media ini Sabtu (8/04/2023) malam.

Bacaan Lainnya

Pria yang biasa di sapa Sultannya RT 06 ini mengatakan, pelaksanaan ronda dilakukan secara bergilir dari masing-masing warga. Adapun untuk hari Sabtu malam diadakan ronda oleh pengurus RT yang dirangkai dengan evaluasi pelaksanaan.

“Alhamdulillah, hingga kini berjalan lancar dan lingkungan di RT 06 aman dari gangguan keamanan, mudah mudahan jelang Idul Fitri nanti lingkungan aman,” tambah dia.

Pihaknya juga akan terus mendukung pelaksanaan ronda malam di wilayahnya. Pasalnya, dapat meminimalisir terjadinya tawuran anak-anak maupun gangguan lainnya.

“Alhamdulillah, sangat bagus, dan warga merasa aman dengan adanya program ini. Semoga terus berlanjut,” ujar Sultan.

Sultan mengimbau seluruh masyarakat khususnya RT 06 agar selalu bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

“Jika ada sesuatu yang mencurigakan segera melaporkan ke RT, bhabinkamtibmas atau bisa menghubungi ke layanan kepolisian setempat,” imbaunya.

Terpisah Ketua RW 01 Kelurahan Mekarjaya Rochendi, memberikan apresiasi Ketua RT 06, dan seluruh pengurus RT serta warga RT 06 yang sudah melaksanakan ronda malam. Kegiatan tersebut sangat membantu dalam mengamankan lingkungan.

“Semoga ini bisa menjadi contoh untuk di wilayah lain, selain kekompakan antar warga, juga dapat menjaga keamanan bersama,” tutur pria yang biasa disebut Cueng ini.

Cueng menambahkan, menjelang Idul Fitri Ketua RT 06 sangat peduli dan perhatian terhadap lingkunganya, demi menjaga lingkungan aman dan nyaman.

Sementara itu warga RT 06 Niko menyampaikan, bahwa sambang Ramadan terhadap warga sekaligus laksanakan ronda malam, dalam menjaga situasi kamtibmas.
“Kami bersama masyarakat, berupaya selalu menjaga serta meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah RT 06, dan mengapresiasi langkah yang baik dari pak RT,” pungkasnya.(Adi).