Ketua Bawaslu Kota Depok, Berharap Masyarakat Bisa Tunggu Hasil Pemungutan Suara Hasil dari KPU

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok, M. Fathul Arif, sangat merespons isu yang beredar terkait informasi calon anggota Dewan yang berhasil terpilih dalam Pemilu 2024 di Kota Depok.
“Informasi yang beredar di masyarakat belum dapat dipastikan kebenarannya. Saya juga mendapatkan informasi serupa, namun perlu dicatat bahwa ini belum merupakan hasil final,” kata Fathul Arif, Kemarin di kantor Bawaslu.

“Proses penghitungan masih berlangsung di tingkat Kecamatan,” ujar Fathul.

Fathul Arif juga mengajak masyarakat untuk tetap bersabar dan terus memantau perkembangan perhitungan suara di setiap Kecamatan.
“Masyarakat juga diimbau untuk aktif dalam mengawasi dan memantau proses penghitungan suara di tingkat kecamatan hingga ke tingkat Kota,” tambahnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok, M. Fathul Arif,

Lebih lanjut, Fathul Arif menyampaikan bahwa pada hari, Minggu (18/02/2024), Panitia Pemilihan Kecamatan di seluruh Kota Depok sedang melakukan proses rekapitulasi di tingkat Kecamatan. 

Bacaan Lainnya

Namun katanya, karena aplikasi SiRekap dari KPU sedang dalam perbaikan atau belum dapat diakses untuk memasukkan data, saat ini proses rekapitulasi menggunakan metode manual dengan alat kerja yang disediakan oleh KPU Depok.

Menurutnya, ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pasal 413 ayat 3, disebutkan bahwa KPU Kabupaten/Kota harus menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD Kabupaten/Kota paling lambat 20 hari setelah hari pemungutan suara. 

Jadi, KPU Depok diharapkan akan menetapkan secara resmi hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD Kota Depok paling lambat tanggal 5 Maret 2024.

Fathul Arif juga menyampaikan bahwa masyarakat dapat memantau rekapitulasi hasil formulir C1, baik untuk pemilihan calon presiden maupun calon anggota DPRD tingkat kota, melalui laman resmi KPU di pemilu2024.kpu.go.id.

Dengan demikian, Fathul Arif menegaskan pentingnya masyarakat untuk bersabar dan menunggu hasil resmi dari KPU, serta terus aktif dalam mengawasi proses demokrasi yang sedang berlangsung. (**).