Keseruan Lebaran Depok 2024, Warga Depok Ikuti Ngubek Empang, Dateng dari Pagi Ampe Pulang Bawa Hadiah Ama Ikan

depokupdate.id, Cilodong – Ribuan Warga Mandi Lumpur tangkap Ikan di Ngubek Empang Cilodong Depok. Tradisi Ngubek Empang dalam rangkaian acara Lebaran Depok diikuti ribuan warga dari berbagai wilayah di Kota Depok. Ada yang sudah datang sejak pagi, sampai pulang membawa hadiah dan ikan.

Ketua LPM Kelurahan Kalibaru, Rudi Setiawan mengaku, sengaja datang sejak pagi untuk mengikuti acara Ngubek Empang yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot Depok) dan Kumpulan orang-orang depok (KOOD) di Kecamatan Cilodong, Kamis (16/05/2024).

“Seru sih ya, tadi ikut turun dan dapat satu Ikan Tawes,” ujar Rudi, Kamis (16/05/2024) di kawasan emang Cilodong.

Meski cuaca di lokasi sangat panas, namun ribuan warga tetap merasakan keseruan terjun ke kolam tanah menangkap ikan dengan tangan kosong atau tanpa alat pancing.
“Tahun depan kalau ada lagi (Ngubek Empang) saya mau ikutan lagi,” ucap Rudi.

Bacaan Lainnya

Dirinya berharap, tradisi Ngubek Empang dapat dilakukan setiap tahun agar semakin banyak warga Depok yang mengenal budaya para orangtuanya dulu.

“Sekarang empang dijadiin tempat mancing, sudah jarang orang nangkep ikan pakai tangan kosong kayak begini,” tutur Rudi.

Di tempat yang sama, Warga RT 01 RW 04 Kelurahan Beji Timur, Samsul berhasil mendapatkan doorprize panci goreng dari panitia usai dirinya menangkap satu ikan mas berukuran besar di empang tersebut.

“Saya senang karena kegiatan ini mengingatkan saya sewaktu kecil dulu sering nangkep ikan di empang, jadi nostalgia,” pungkasnya. (**).