Kemeriahan HUT ke-78 RI, RW 07 RJB Gelar Pesta Rakyat Dua Hari Berturut-turut

Penulis: Adi M
Editor: A Mahmudi

depokupdate.id, Rangkapanjaya Baru – Perayaan “Pesta Rakyat RW 07, sebagai tindak lanjut merayakan Kemerdekaan HUT RI yang ke-78 tingkat RW 07 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas berlangsung meriah. Ratusan warga masyarakat RW 07 berbondong-bondong memadati lapangan Komplek BDN RW 07, Sabtu (25/8/2023) sore itu.

Tema HUT RI tahun ini adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju. ‘RW 07 Semakin Jaya Semakin Beraksi’.

Ketua RW 07 komplek BDN Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Erlangga Eka Nugraha Putra, mengatakan dengan momen ini kata Erlangga, diharapkan bahwa generasi muda dapat terhubung dengan warisan budaya. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memupuk semangat kebersamaan dan kerjasama, membangun rasa saling menghargai, serta memperkuat ikatan sosial.

Bacaan Lainnya
Ketua RW 07 komplek BDN Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Erlangga Eka Nugraha Putra, saat membuka acara pesta rakyat (atas), panitia foto bersama (bawah)

Dengan menggelar pentas rakyat ini berhasil menciptakan suasana yang meriah dan penuh makna dalam memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia sambil melestarikan nilai-nilai budaya lokal.

Erlangga menyampaikan, bahwa acara berlangsung selama dua hari 26-27 Agustus 2023, Heboh, meriah lucu dan penuh keceriaan, dalam suasana lomba 17 Agustusan yang diadakan warga RW 07.

“Kita mulai beraksi pada 29 Juli. Perlombaan yang digelar antar RT ini untuk memeriahkan HUT RI ke-78 tahun 2023, diikuti oleh anak anak, remaja, bapak bapak dan emak emak. Kita tutup dengan pesta rakyat pada hari ini dua hari berturut-turut,” ucap Erlangga, kepada depokupdate.id, Sabtu (26/08/2023), usai menyaksikan pentas seni tersebut.

Kaseruan di tengah perlombaan begitu terlihat dari para peserta terutama anak-anak yang begitu antusias. Keceriaan nampak dari raut wajah mereka, gelak tawa sorak sorai dan tepuk tangan dari para penonton suasana menjadi semakin meriah dalam memeriahkan HUT RI dengan berbagai perlombaan.
“Hampir setiap tahun pas momen HUT RI kami menggelar acara ini. Ada banyak perlombaan disini. Seru banget pokoknya,” ujar Ketua RW.

Tepuk sorak masyarakat mewarnai kemeriahan semarak kemerdekaan itu. Ditambah lagi emak emak memberikan semangat anak-anak pentas seni itu diisi dengan tari dan lagu oleh anak-anak dan remaja.
“Tujuannya untuk melatih anak-anak dan remaja RW 07 berani dan percaya tampil di panggung atau di hadapan orang banyak. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu modal mereka untuk sukses di masa depan,” ujarnya.

“Melalui rangkaian kegiatan Pesta Rakyat ingin menyatukan seluruh lapisan masyarakat untuk bersilaturahmi, merayakan kembali tradisi kemerdekaan Indonesia dengan semangat persatuan, serta saling terhubung dengan satu sama lain tanpa khawatir,” terang Erlangga.

Tokoh masyarakat Sri Utomo bersama para RT dan warga saat menikmati pertunjukan pentas rakyat yang di gelar

Selian pesta rakyat ini, Dirinya menggelar perlombaan dari kategori perorangan seperti kompetisi Busana Adat Anak, Karaoke Solo, dan Sepeda Hias, serta kategori kelompok seperti, Tarik Tambang, Lomba Bakiak, Balap Karung, dan Sendok Kelereng untuk memenangkan hadiah yang tersedia.
“Alhamdullillah pelaksanaan perlombaan dan pesta rakyat dengan semarak kemerdekaan berlangsung meriah. Tak lupa kita ucapkan Terimakasih atas dukungan langsung oleh tokoh masyarakat kita, para Ketua RT,” ujar Erlangga bersama mantan RW Sri Utomo mengunjungi stand UMKM.

Ditempat yang sama, Penasehat RW Sri Utomo mengaku bangga atas terselenggaranya beragam perlombaan. Sebagai masyarakat, Sri mengaku punya peran penting untuk mendukung penuh kegiatan kegiatan perlombaan bagi masyarakat RW 07, terlebih dalam momentum kemerdekaan.

Ketua RW Erlangga Eka Nugraha Putra bersama para Ketua RT dan warga berfoto bersama

“Perayaan kemerdekaan RI ini menjadi momentum penting, tidak hanya dirayakan untuk menghargai perjuangan para pahlawan, tetapi juga menjadi kesempatan untuk melestarikan berbagai tradisi yang dapat mempererat persatuan dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan,” tutur Sri Utomo.

“Selamat kepada Ketua RW, para Ketua RT yang telah berhasil menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik. Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada warga RW 07. Rangkaian acara dan panggungnya luar biasa,” pungkasnya. (**A).