Kelurahan Mekarjaya Adakan Pelatihan Pengolahan Produk Lokal, Bagi Masyarakat Umum dan PEKKA

DEPOKUPDATE.ID, CIMANGGIS – Lurah Mekarjaya Nelda menutup secara resmi kegiatan Pelatihan Pengolahan Produk Pangan Lokal yang digelar Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Mekarjaya Kecamatan  Sukmajaya Kota Depok, Selasa-Rabu 30-31 Agustus 2022, di Wisma Hijau Kecamatan Cimanggis Kota Depok selama dua hari.

Pelatihan tersebut diikuti kurang lebih 40 peserta, Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), yang dimaksud dengan perempuan kepala keluarga ialah perempuan yang melaksanakan peran dan tanggung jawab sebagai pencari nafkah, pengelola rumah tangga, menjaga keberlangsungan kehidupan keluarga, dan pengambil keputusan dalam keluarga.

Lurah Mekarjaya Lurah Mekarjaya, Nelda Purnadia Wardhani mengatakan, pelatihan dilakukan untuk menambahkan keterampilan masyarakat dengan memanfaatkan produk lokal. Para peserta merupakan perwakilan dari setiap RW di Mekarjaya.
“Alhamdulillah hari kedua ini para peserta pelatihan sudah mendapatkan ilmu dan cara pratek langsung, dan ini di harapkan peserta dapat meningkatkan kualitasnya, mengemas produknya nanti,” kata Nelda kepada depokupdate.id, Rabu (31/8/2022) usai menutup pelatihan.

Nelda mengungkapkan, kebijakan Percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal

“Namun masih sangat diperlukan upaya promosi, kampanye dan edukasi kepada masyarakat luas agar tujuan diversifikasi pangan yaitu untuk memenuhi pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman, mengembangkan usaha di bidang pangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai secara optimal,” katanya.

Bacaan Lainnya

Ibu Lurah yang akrab disapa Nelda ini mengungkapkan, melaksanakan pelatihan pengolahan produk pangan lokal dengan berbagai inovasi, dari pembuatan tepung sampai berbagai jenis makanan.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, mampu untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal masyarakat Kelurahan Mekarjaya, membangkitkan UMKM dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian,” tandasnya.

Semenatara itu Kasi Ekbang Kelurahan Mekarjaya Sukaesih menjelaskan, beberapa pelatihan yang diberikan misalnya pengolahan singkong, tepung terigu, olahan pembuatan bolu, menjadi makanan dan minuman yang bernilai jual. Pihaknya pun rutin mengadakan pelatihan ini setahun sekali.
“Pelatihan selain dapat materi peserta juga langsung praktek membuat bolu, minuman, bahan dasarnya Singkong yang dihaluskan,” jelasnya.

Lurah Mekarjaya, Nelda Purnadia Wardhani, menyaksikan para peserta praktek pembuatan kue bolu

Oleh karena itu, lanjut Sukaesih, harus ada follow up dari masing-masing peserta setelah mengikuti pelatihan, diharapkan dapat memproduksi berbagai makanan yang telah dipraktekkan dan dipasarkan untuk dijadikan ciri khas oleh-oleh untuk Kelurahan Mekarjaya.
“Kami akan terus mendorong semangat kewirausahaan bagi UMKM dan para Kader Penggerak dengan memanfaatkan potensi lokal serta mengembangkan jejaring pemasaran produk olahan berbasis pangan lokal,” pungkasnya. (Adi).