Kelurahan Mampang Bentuk Posmaja, Wadah Komunikasi Kesehatan Remaja

DEPOKUPDATE.ID, PANCORANMAS – Kelurahan Mampang membentuk Posyandu Remaja (Posmaja), dan posyandu Keluarga, acara dibuka Lurah Darmawansyah di aula Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kamis, (30/03/2023). Nampak hadir jajaran Kelurahan, puskesmas Mampang dr. Nawing, tim TP PKK Kecamatan Pancoran mas, remaja di setiap RW, para kader PKK, kader posyandu se-Kelurahan Mampang.

Lurah Mampang Darmawansyah dalam kesempatan itu mengatakan, pembentukan Posmaja bertujuan untuk mewujudkan wadah komunitas sehat bagi remaja, pencegahan terhadap kekerasan Remaja. Sasarannya adalah remaja usia 10 – 18 tahun.
“Alhamdulillah hari ini Kelurahan Mampang akan memiliki Posmaja, nanti di harapkan setiap RW harus terbentuk Posmaja RW,” kata Darmawansyah, kepada media ini usai membuka acaranya.

Kepala puskesmas Mampang dr. Naweng memberikan pelayanan kesehatan posmaja

“Lewat posmaja ini, para remaja diberi berbagai pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan kesehatan, pencegahan serta mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup sehat bagi remaja,” ujarnya.

Darma mengungkapkan, Terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan di setiap Posmaja. Di antaranya pemeriksaan kesehatan, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan hemoglobin (HB) dan konseling.

Bacaan Lainnya

“Jadi, melalui berbagai kegiatan tersebut, kesehatan remaja dapat terus terpantau. Misalnya, pemeriksaan HB, jika ada remaja yang memiliki HB rendah kami akan intervensi dengan pemberian zat besi,” ungkapnya.

“Karena tidak menutup kemungkinan juga remaja umur segitu penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Diabetes, dan untuk mencegah stunting pada balita, perlu intervensi pemantauan gizi dan kesehatan di usia remaja” lanjutnya.

Darma menambahkan, ke depan pihaknya akan terus menambah jumlah Posmaja di wilayah tingkat RW, dan saat ini sudah terbentuk Posmaja 5 RW, dan sekarang sekalian bentuk RW 14.

“Untuk sekarang masih kita fokuskan tingkat Kelurahan, tetapi remaja di luar juga boleh ikut, dan tidak menutup kemungkinan kita akan menambah Posmaja di setiap RW,” tegasnya.

Lurah juga berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar bisa membantu menjaga kesehatan para remaja yang ada di Kelurahan Mampang. (adi).