Kehidupan Ketum Aspera Indonesia Kota Depok Yang Sederhana Mampu Wujudkan 4 Armada Ambulance, Hadir Peduli Bantu Meringankan Beban Masyarakat 

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok – Aktivis Peduli Rakyat atau lebih di kenal Aspera Indonesia Kota Depok, di pimpin langsung Arif Afifullah, kepedulian Sosial Arif ini tergolong langka. Bagaimana tidak. Kaum lelaki muda ini tidak menunggu jadi kaum tajir untuk menyalurkan bantuan sosial.

Dia mengeluarkan kocek pribadi dan sambil menggalang donasi untuk membantu kebutuhan orang-orang miskin yang tidak mampu berobat atau butuh bantuan mobil ambulace.

Bagi masyarakat Kota Depok, Aspera sangatlah familiar dengan pelayanan 24 jam+1 tentunya sangatlah membantu, selain mengantar dan menjemput pasien jenazah juga melayani pengantaran antar pulau, cargo jenazah dan kedukaan lainnya.

Bacaan Lainnya

Aktivis sosial asal Kota Depok Arif Afifullah, memberi bantuan secara gratis tidak ada pungutan apapun. Apa yang dilakukan Arif-panggilan akrabnya, seperti dilakukan Komunitas Berbagi di Kota Depok yang konsen membantu kebutuhan orang-orang miskin serta orang berkebutuhan khusus.

Apa yang melatarbelakangi Arif berbuat demikian? “Saya melakukan kegiatan ini semata hanya untuk meringankan beban masyarakat yang memang sangat membutuhkan uluran tangan,” ujar Arif kepada depokupdate.id, Minggu, (12/05/2024), usai melepas ambulancenya, untuk mengantar orang sakit ke rumah sakit.

“Alhamdulillah dengan izin Allah SWT, kami bersaama teman yang lain bisa memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan,” tambahnya.

Sejak berdiri Aspera 1 Juni 2020 di Kota Depok, punya misi tagline “Kami hadir untuk membantu meringankan beban saudara” dari sekumpulan anak anak muda yang peduli terhadap warga khususnya dengan pelayanan ambulance yang melayani 24 jam +1.

Saban hari Aspera Indonesia Kota Depok Arif punya data list untuk orang-orang yang butuh sentuhannya. Tidak disangka, pemilik 4 ambulance. Kepedulian Arif tidak hanya untuk Kota Depok Aspera, terus untuk memperluas jaringan setelah DKI, Banten dan Jawa barat, akan ekspansi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hingga saat ini ambulance aspera kota Depok,satu satunya ambulance yang mampu menyentuh Ruteng NTT.

“Kami membantu Pemerintah Kota Depok seperti mengevakuasi ODGJ, tunawisma dan orang terlantar, advokasi kesehatan bagi warga tidak mampu serta bersinergi dengan satlantas Polres Metro Depok dalam membantu mengevakuasi korban kecelakaan lalu lintas,” ungkap Arif.

Arif yang juga menjabat Ketua RW 15 Kelurahan Kemiri Muka, memiliki prinsip hidup begini: “Percuma hidup mewah kalau tidak peduli sekitar yang membutuhkan pertolongan. Ternyata sosok yang humanis, berjiwa sosial, rendah diri, dan mementingkan orang lain.

“Saya nggak punya gaji, tapi berkat Allah SWT, saya bisa berbuat untuk orang lain. Nanti pasti ada orang yang digerakkan hatinya untuk joint,” beber Arif.

Memang, kepedulian Arif kepada kaum kecil bukanlah kebetulan. Arif yang tinggal di kontrakan bulanan berdomisili di jln. Kedondong RT 05 RW 015 Kemirimuka Beji Kota Depok, bersama 3 anak lelaki dan seorang istri bernama teguh Ika Nuryanti. Sudah menjadi kebiasaannya dimulai sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), membantu masyarakat.

“Mungkin banyak berfikir dengan 4 armada ambulance seorang Arif afifullah hidup berkecukupan, mapan, dan memiliki rumah sendiri,” beber Arif.

Dengan kehidupan yang sangat sederhana, penampilan apa adanya bahkan kemana mana selalu pakai celana kolor pendek tidak menyurutkan untuk saling membantu sesama.

Bagi seorang Arif afifullah yang namanya rezeki itu sudah di atur, Gusti Allah mboten sare dan itu benar benar terbukti, mengingat keberadaannya di Depok hanya sebagai tempat untuk menghidupi keluarganya sebagai ojek online.

Dengan kehidupan yang sangat sederhana Arif afifullah di percaya oleh warga sempat sebagai ketua RW 015 kemirimuka Beji Kota Depok, setelah memenangi pemilihan ketua RW selama dua tahun yang lalu dan mungkin Arif afifullah satu satu ketua RW yang tempat tinggalnya ngontrak.

Masih banyak cerita cerita tentang aspera.
1 Juni 2020-1 Juni 2024,4 tahun aspera hadir,dari membantu meringankan beban saudara-saudara kita. (**).