Kadisdukcapil Kunjungi Pelayanan Publik di Sawangan, Liat Masyarakat Mengakses Layanan Online 

Reporter: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Sawangan – Sebelum melakukan rutinitas harian di kantornya. Kepala Disdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayatti menyempatkan diri meninjau sejumlah pelayanan Disdukcapil di Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Kunjungan Bu Ani, sapaan akrab itu dilakukan untuk melihat langsung kinerja pegawainya dalam melayani masyarakat terutama layanan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), pembuatan surat Akte, pindah dan datang dan yang lainnya.

Secara spontan, kunjungan Bu Ani itu mengejutkan para petugas dan masyarakat yang tengah mengurus berbagai pelayanan di loket-loket yang tersedia. 
“Saya ke sini untuk melihat pelayanan yang dilakukan oleh Petugas Disduk baik terkait kependudukan, pengaduan secara online terhadap pelayanan-pelayanan yang ada. Alhamdulillah, untuk pelayanan kemasyarakatan saya lihat hari ini sudah sangat bagus,” kata Nuraeni, Rabu (19/6/2024) usai tinjauannya tersebut.

Dalam kunjungannya juga, Bu Anny bertemu langsung dengan warga yang sedang mengakses layanan. Banyak dari mereka yang mengungkapkan rasa syukur dan puas dengan pelayanan yang diberikan Pemkot Depok.

Kadisdukcapil Kota Depok Nuraeni bersama Camat Sawangan melihat fasilitas pelayanan.

Menurutnya, pelayanan yang cepat, mudah, dan gratis adalah kunci kenyamanan bagi warga Kota Depok. 
“Alhamdulillah, saya bersyukur kalau kondisinya begini terus. InsyaAllah, Kota Depok menjadi Kota yang nyaman dan friendly city, bersahabat dengan para pendatang maupun bagi warga Depok yang ingin tinggal di sini,” tambahnya. 

Selain itu, banyak hal-hal yang terpotret dalam kunjungannya itu, seperti tentang  inovasi digital yang diterapkan, namun tetap warga di berikan pengertian.

Aplikasi yang di terapkan telah membantu masyarakat untuk akses segala kebutuhan Kependudukan. Komitmen Depok Terus Tingkatkan Inovasi Pelayanan Publik.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok Jawa Barat terus berupaya memberikan kemudahan kepada warga dalam pemenuhan administrasi kependudukan bagi masyarakat.
“Berbagai inovasi telah kami lakukan dengan melibatkan sejumlah unsur terkait untuk memberi kemudahan layanan kependudukan,” katanya.

Dirinya mencontohkan perekaman KTP Elektronik sudah mencapai 99,99 persen, akta kelahiran 0-1 tahun sebesar 98,00 persen, dan KIA sudah 70,98 persen.

Untuk itu kedepannya, upaya dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat akan terus kami lakukan. Sehingga, seluruh masyarakat di Kota Depok dapat terpenuhi identitas kependudukannya.

Inovasi layanan kependudukan untuk memudahkan masyarakat yaitu pertama Disdukcapil Depok Mobil Pelayanan Keliling (De Molek), kehadiran mobil tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perekaman E-KTP dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Kedua layanan Jemput Bola Identitas Kependudukan Digital, ketiga Disduk CapilKasih KTP di Sekolah (De Siplah) Merupakan layanan jemput bola perekaman KTP Elektronik ke sekolah.

Keempat tuntaskan 100 persen KIA di Kelurahan, kelima Disdukcapil Depok Jemput Bola Warga lansia, Orang Sakit, dan Disabilitas (De Jelitas), keenam Disdukcapil Depok Pengambilan Dokumen Cepat (De Fast) Layanan ini berada di Kantor Balai Kota Depok.

Ketujuh Satuan Pelayanan Disdukcapil Depok Prima Kecamatan (Sanpel De Prima), kedelapan Sistem Layanan Online Dukcapil Depok Bersih Mudah Lancar (Silondo Bermula) Layanan online ini dapat diakses melalui nomor whatsapp 0811-90-3276.

Kesembilan Gebyar Layanan Disdukcapil Tingkat Kecamatan Se-Kota Depok (Gladis Tiktok), kesepuluh layanan Wa Bukti Cinta (Lawas Bucin) Layanan ini menggandeng Rumah Sakit dalam penerbitan akta kelahiran dan KIA.

Kesebelas Fasilitas Akta Kematian ke Rumah Warga (Fastamarga), keduabelas Fasilitas Akta Kelahiran ke Rumah Warga (Fastaraga), ketigabelas Dukcapil Depok Sistem Informasi Data Warga Terpadu (De Smart).
Keempat belas Sistem Pelaporan Kematian (Sipekat), dan kelimabelas Dukcapil Depok Kasih KIA di Sekolah.

Sementara itu Camat Sawangan Anwar Nasihin mengutarakan, pentingnya peningkatan fasilitas untuk kenyamanan warga, seperti tempat duduk, fasilitas lain yang mendukung kenyamanan warga. 
“Iya saya akan bangunkan Auning, biar teduh, sehingga mereka lebih nyaman,” jelasnya. 

Dirinya  juga menekankan pentingnya kepastian waktu pelayanan. Sebab hal ini paling diharapkan adalah kepastian dari pelayanan yang digunakan oleh warga.
“Saya lihat semua sudah dilakukan dengan baik oleh Dinas Kependudukan,” tuturnya.

Dengan dikunjungi ini, Bang Anwar berharap pelayanan publik Kecamatan Sawangan terus meningkat dan semakin dipercaya oleh masyarakat.
“Ini menjadi penting bahwa tidak hanya disampaikan oleh kami sebagai aparat Kecamatan, kehadirannya bisa merasakan kenyamanan, kemudahan, dan cepat dalam pelayanan itu,” tandasnya. (**).

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: depokupred.com@gmail.com