K3D Kota Depok Kolaborasi Bersama KSNS Menggelar Lomba Lukis Kemerdekaan Anak Anak SD di Kolong Flay Over ARH

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Beji – Komunitas Kampung Cinta Depok (K3D) berkolaborasi bersama Koloni Seniman Ngopi Semeja (KSNS) Kota Depok membuat gebrakan dalam merayakan HUT RI ke-78 tahun 2023. Dengan menggelar event kompetisi lomba lukis Kemerdekaan, untuk sekolah tingkat dasar se-Kota Depok.

Lomba lukis Kemerdekaan dilaksanakan di lokasi lapangan Basket K3D kolong flay over jalan Arif Rahman Hakim Beji Kota Depok, Minggu 27 Agustus 2023, dan diikuti oleh puluhan siswa-siswi tingkat SD.

Sebagai wadah positif untuk mengasah bakat dan menciptakan karya dari para anak anak bangsa, dengan semangat persatuan dan kebhinekaan dapat memeriahkan suasana peringatan HUT RI.

Bacaan Lainnya

“Tujuannya kami ingin menciptakan suatu karya positif, ini juga merupakan salah cara memerdekakan dunia imajinasi seni lukis bagi kalangan pelajar,” ungkap Ketua Umum Koloni Seniman Ngopi Semeja (KSNS) Kota Depok Jimmy S Johansyah, kepada depokupdate.id, Minggu (27/08/2023).

Tentu dengan demikian lanjut Jimmy, para peserta lomba dengan jumlah ada sekitar 30-an, di bebaskan cara mengekpresikan apa arti sesungguhnya kemerdekaan itu.
“Kita beri kebebasan anak anak untuk melukis dengan keinginannya sendiri, tentang hari Kemerdekaan,” kata Jimmy yang saat itu bersama A. Badri AQT, Udi Utama dan Rachma Effendy.

Mengenai pendaftaran Jimmy S Johansyah, menjelaskan, persyaratan yang ditentukan panitia di antaranya membawa perlengkapan dan peralatan melukis sendiri, media kanvas. Selain itu, peserta membawa alas untuk melukis, bahan cat bebas, dan hasil karya pemenang akan menjadi milik panitia.

“Jadi anak anak yang didampingi orang tuanya membawa sendiri segala alat yang dibutuhkan untuk melukis, semua peserta tidak di pungut biaya alias gratis,” jelas Jimmy.

Sementara itu ditempat yang sama Ketua Umum K3D Kota Depok Ibnu Haris Mansyur, ketika di temui mengatakan, Lomba lukis Kemerdekaan ini untuk yang pertama kalinya di laksanakan. berkolaborasi bersama dengan KSNS. Sebagai sarana untuk meningkatkan bakat para anak-anak pelajar.

Ibnu mengatakan, bahwa dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023, berbagai acara semarak dipersiapkan untuk merayakan momen bersejarah ini. Salah satu cara yang tak kalah seru untuk memeriahkan perayaan tersebut adalah dengan menggelar lomba-lomba yang unik dan kreatif.

“Momennya ini sangat tepat dalam hal menumbuhkan bakat dan minat anak-anak di bidang seni, khususnya seni lukis,” ucap Ibnu.

Ibnu menjabarkan, bahwa tujuan aksi adalah untuk menghidupkan kembali minat dan bakat anak anak menggambar dengan cara yang kreatif.

Menggambar itu seni, jadi ini kita akan adakan kembali yang lebih meriah dan saya bangga dengan anak anak ini bisa mengekpresikan dirinya, mengasah kreativitas dan imajinasi.

“Untuk lomba melukis, panitia menyediakan total hadiah yaitu Juara 1, 2 dan 3 mendapatkan Tropi dan uang pembinaan, sedangkan peserta yang tidak mendapatkan juara tetap kita akan berikan uang pembinaan,” tutur Ibnu.

Sementara Arifin Yasonaz dan Umar Alkodri, menjadi dewan juri, mengatakan banyak anak-anak di Kota Depok yang memiliki bakat perlu dikembangkan dalam seni menggambar.

“Bakat yang mereka miliki wajib kita jaga dan kembangkan menjadi lebih baik lagi, untuk itu saya berharap event seperti ini bisa lebih sering diadakan baik oleh instansi pemerintah, swasta maupun komunitas seni yg ada di Kota Depok ini,” pungkas Arifin Yasonaz.

“Pengembangan kreatif seni lukis juga memiliki potensi yang besar. Hal itu yang ingin kami tampilkan secara maksimal, sehingga banyak yang mengenal, tahu dan akhirnya tertarik pada seni melukis,” ujarnya. (**A).