Inilah Daftar Nama Duta Baca Siebook.id 2024

Penulis: YN
Editor: APB

depokupdate.id || Siebook.id menyelenggarakan Duta Baca Siebook 2024 yang diikuti oleh 113 pendaftar calon Duta Baca dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Seleksi calon Duta Baca telah dilaksanakan pada tanggal 31 Mei hingga 8 Juni 2024.

Rangkaian seleksi Duta Baca ini dimulai dari seleksi administrasi, review buku, talkshow tentang membaca dan duta, serta tantangan presentasi kreatif tentang ide program kerja yang akan dilaksanakan oleh masing-masing duta jika terpilih nantinya.

“Acara ini bertujuan untuk mendorong peningkatan literasi masyarakat Indonesia melalui kompetisi yang positif serta mendorong para duta baca untuk memberikan konten-konten edukatif seputar membaca dan harapannya juga bisa memberikan kontribusi di daerah mereka masing-masing.” ujar Ketua Duta Baca Siebook.id 2024 Ariel Varian Tanudjaja dalam rilisnya, Senin (10/6/2024).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Duta Baca Siebook.id 2024 ini diselenggarakan oleh Komunitas Sosial Siebook.id yang bergerak dibidang pendidikan dan literasi. Komunitas ini, lanjut Ariel, berdiri tahun 2021 yang memiliki Visi “Optimalisasi Pendidikan Bagi Anak Kurang Mampu dan Peningkatan Literasi Masyarakat Indonesia”.

“Kegiatan ini merupakan periode ke 2 setelah sebelumnya telah diselenggarakan pada tahun lalu.” terang Ariel.

Sementara, Head Of Siebook.id, Amelia Rahma D. mengatakan kegiatan Duta Baca Siebook ini insya Allah akan diselenggarakan setiap tahun. Hal ini, tambahnya, untuk mendorong minat baca anak muda yang sudah mulai berkurang karena berlimpahnya konten-konten singkat dan distraksi di media sosial.

“Hal ini tentunya membuat anak muda jadi lebih susah fokus dan mudah menerima informasi-informasi yang kurang kredibel atau hoax.” terangnya.

Amelia berharap dengan adanya kegiatan seleksi Duta Baca Siebook ini, bisa membuat trend positif tentang membaca di kalangan anak muda. Siebook.id, terangnya, berusaha membentuk pola pikir baru bahwa membaca merupakan hal yang keren dan memberikan manfaat jangka panjang yang sangat banyak.

“Apalagi kita tentunya berharap, dari langkah-langkah kecil kami ini bisa menaikkan posisi Indonesia yang merupakan negara dengan minat baca terendah hingga naik beberapa tingkat dari negara lain bahkan bisa menyamai negara-negara maju” tandas Amelia.

Dari berbagai seleksi kegiatan tersebut akhirnya terpilih Duta Baca Putra Siebook.id yaitu Aditya Kurniawan dari Bandung, Jawa Barat dan Duta Baca Putri Siebook.id Hilwa Alya Dalilah dari Magelang, Jawa Tengah serta 1 Brand Ambassador yaitu Achmalia Salwa Putri dari Sleman, Yogyakarta.

Diketahui, Siebook.id merupakan komunitas sosial yang berfokus pada pendidikan bagi anak kurang mampu dan memberikan edukasi literasi untuk masyarakat Indonesia.

Siebook.id yang didirikan Iin Mutmainah bertujuan untuk turut berkontribusi bagi Indonesia sesuai yang diamanatkan pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain Iin, pendiri lainnya Siebook.id adalah Amelia Rahma, Aulia Rahma, dan Amara Anastasya.