Hj. Srie Indah Herawati Ketua STI Kota Depok Masa Bakti 2023-2028, Sah di Lantik

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Hj. Srie Indah Herawati dilantik sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Senam Tera Indonesia (STI) Kota Depok masa bakti 2023-2028. STI Kota Depok di lantik langsung oleh Ketua DPD STI Provinsi Jawa Barat Dr. R.A Ikke Dewi Sartika. M.Pd.

Masyarakat sangat antusias mengikuti senam bersama yang diadakan oleh STI Sasana Sehati sesuai tema kali ini yaitu sehat, tentram, indah dan bugar. Usai senam bersama, acara dilanjutkan dengan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Senam TERA Indonesia (STI) Kota Depok di Aula teratai Balaikota Depok, Minggu (22/10/2023) pagi.

Hj. Srie seusai di lantik mengatakan, amanah ini akan dijalankan dengan sebaik- baiknya hingga tahun 2028.
“Alhamdulillah kami telah di Lantik bersama jajaran pengurus STI Kota Depok, mudah mudahan kami bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, dan mohon bimbingan demi kemajuan STI Kota Depok,” kata Ketua DPC STI Kota Depok Hj. Srie Indah Herawati, saat memberikan sambutannya.

Hj. Srie mengatakan, Mens Sana in Corpore Sano, artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan olahraga rutin. Kegiatan olahraga tersebut menjadi agenda rutin Pengurus Senam TERA Indonesia (STI).

Bacaan Lainnya

Dirinya juga mengatakan, akan mempopulerkan senam tera di kalangan warga Kota Depok sebagai bentuk upaya menciptakan pola hidup sehat.

“Kami senantiasa membuka ruang agar warga bisa menjalankan pola hidup sehat diantaranya penyediaan ruang terbuka yang bisa digunakan untuk beraktivitas maupun berolahraga khususnya senam,” ujarnya.

“Kalau jasmani dan rohaninya sehat, orang itu sudah pasti akan jernih pula sikap dan tindak-tanduknya,” imbuh Srie.

Ditempat yang sama Ketua DPD STI Provinsi Jawa Barat Dr. R.A Ikke Dewi Sartika. M.Pd. lantas mengutip sedikit tentang sejarah atau perjalanan keberadaan Senam Tera Indonesia. Bahwa awalnya senam ini bernama Senam Pernapasan Tai Chi 18 gerakan menjadi Senam Tera Indonesia dengan 17 gerakan peregangan, 25 gerakan persendian, dan 20 gerakan pernapasan.

Senam Tera Indonesia merupakan latihan fisik dan mental, yang memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan teknik dan irama pernapasan melalui pemusatan pikiran yang dilaksanakan secara teratur, serasi, benar dan berkesinambungan.

“Senam ini bersumber dari senam pernapasan Tai Chi yaitu senam yang mempunyai dasar olah pernafasan yang dipadukan seni bela diri, yang di Indonesia dikombinasikan dengan gerak peregangan dan persendian sehingga jadilah sebagai olahraga kesehatan,” katanya.

“Selamat bertugas kepada Ketua dan pengurus STI Kota Depok, semoga sukses selalu sesuai misi Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kadisporyata Kota Depok Eko Herwiyanto menyampaikan, kepengurusan STI yang baru di lantik, akan menambah guyub antar pengurus Senam TERA, baik pengurus di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota Depok.

Diharapkan, semua tingkatan pengurus dan anggota bisa sinergi untuk mengembangkan Senam Tera Indonesia. Terlebih lagi, Eko mengetahui bahwa Senam Tera ini adalah Senam Terapi atau Kesehatan yang bisa diikuti oleh semua kalangan, baik remaja dan lansia (lanjut usia).

“Kami berharap juga, Senam Tera ini akan menjadi role model untuk semua sasana-sasana yang ada di Kota Depok” ujar Eko.

Kepada pengurus STI Kota Depok mengucapkan selamat bertugas dan bergerak, sehingga Senam Tera bisa semakin digemari masyarakat dan semakin banyak warga yang merasakan manfaat senam tera ini. (**).