Hj. Eny Retno Yaqut: Pancasila Bukti Majunya Peradaban Indonesia, Pengamalan Pancasila Tak Dapat Dilepaskan dari Jiwa Keagamaan

Penulis: Adi Mahmudi

depokupdate.id, Depok – Ketua Penasehat Dharma Wanita Pusat Kementerian Agama (Kemenag) RI, Hj Eny Retno Yaqut menilai Pancasila merupakan bukti dari majunya peradaban Indonesia, dengan tema peringatan Pancasila tahun ini adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

“Mempersatukan Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan agama, yang wilayahnya terdiri dari ribuan pulau, bukanlah sesuatu yang mudah,” kata Hj Eny Retno Yaqut, kepada wartawan, Kamis (1/6/2023), usai menghadiri pengajian rutin Muslimat NU Kota Depok di Masjid Balaikota Depok.

Hari ini, yang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, menurut Hj Eny menjadi momentum bangsa untuk mengulang majunya peradaban tersebut.

“Pancasila ini sudah final. Dan ini sudah jadi alasan yang cukup bagi kita semua untuk tetap hidup damai berdampingan dan saling menghargai,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Istri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini mengatakan, penguatan-penguatan batiniah Muslimat NU Dalam Membangun Peradaban. Hj. Eny, selalu mengajak, menghimbau, menasehati ibu-ibu Muslimat NU untuk merawat dan menjaga ketauhidan meningkatkan iman dan taqwa, rasa dan bukti dengan riyadhoh kebangsaan dan Cinta Tanah Air.

“Tapi founding fathers kita berhasil melakukannya. Mereka berhasil merumuskan Pancasila sebagai Kalimatun sawa yang menyatukan Indonesia. Ini bukti, Indonesia memiliki peradaban yang maju,” sambungnya.

Dengan kesadaran tersebut, maka tiap insan di negeri ini, akan mampu merajut sinergi dan kolaborasi untuk memajukan Indonesia.

“Ke depan, bukan hanya kehidupan di nusantara saja. Tapi saya meyakini, dengan nilai-nilai Pancasila, kita akan mampu bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global,” tandasnya.

Hj. Eny berharap, Muslimat NU sebagai wadah perjuangan wanita Islam Ahlussunnah wal Jamaah dalam mengabdi kepada agama, bangsa dan negara.
“Saya berharap, Muslimat NU terus memberikan peran dan kontribusi aktif dalam penguatan keagamaan, sosial dan kemasyarakatan,” pungkasnya.

Di akhir acara Hj. Eny Yaqut beramah tamah dengan puluhan pengurus PC Muslimat NU Kota Depok, dari pengurus Jabodetabek dan pengurus Muslimat NU Jawa Barat turut hadir. (Adi).