Hasil Kerja Kerasnya Jaga Keamanan Pangan Ketua Satgas Pangan Aman Kota Depok, Bang SS Sabet Juara Pertama Penghargaan Sertifikat Kota Pangan Aman dari Badan POM

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Sekda Kota Depok H. Supian Suri baru saja meraih penghargaan Juara satu (I) Kota Pangan Aman dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Penyerahan piagam penghargaan dilakukan saat apel pagi di Lapangan Apel Balaikota Depok, Senin (23/10/2023).

Dalam kesempatan ini juga berlangsung penyerahan sertifikat penghargaan diserahkan Walikota Depok, Mohammad Idris didampingi Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, piagam Penghargaan Juara Satu Kota Aman Pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pangan Aman Kota Depok.

“Alhamdulillah kami mendapatkan penghargaan. Ini ikhtiar kita dengan perangkat Daerah sesuai arahan pak Wali dan pak Wakil Walikota,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri usai menerima piagam penghargaan Juara I Kota Pangan Aman di Halaman Balaikota Depok.

Supian Suri yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Pangan Aman Kota Depok, menjelaskan, aman pangan artinya pangan yang disediakan di wilayah Kota Depok dijamin keamanannya. Baik dari sisi kesehatan maupun kehalalannya.

Bacaan Lainnya

“Jadi pasar tradisional, restoran, catering, termasuk kantin-kantin itu menjadi titik yang dimonitor kesehatannya. Penyajian makanan dan bahan pangannya semua dilihat,” tuturnya.

Sekda menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung program keamanan pangan di lingkup Pemerintah Kota Depok.

“Mudah-mudahan kita dapat terus melaksanakan pengawasan terhadap produk-produk, seperti obat dan makanan yang beredar ditengah masyarakat, salah satunya dengan melakukan inspeksi dan sertifikasi sarana/fasilitas produksi maupun distribusi obat dan makanan,” paparnya.

“Kemudian, dari sisi pertanian juga demikian. Semua perangkat daerah kita rutin mengecek terhadap keamanannya, termasuk izin restoran dan kehalalannya,” sambungnya.

Sekda juga mengajak para kader agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kemasan, lebel, izin edar hingga kadaluarsa produk obat dan makanan agar masyarakat dapat menjadi masyarakat yang cerdas dan memiliki kesadaran tinggi terhadap keamanan pangan.

“Peran ini sangat diperlukan agar pengawasan obat dan makanan tidak menjadi polemik diantara sesama pelaku usaha dan masyarakat,” ujar Supian.

Sementara itu Walikota Depok KH Muhammad Idris menambahkan, jika masyarakat menemukan makanan yang terindikasi tidak aman tapi diperjualbelikan, dapat melaporkan kepada pihaknya. Pihaknya akan memberikan edukasi kepada pedagang yang menjualnya.

“Termasuk yang pokok-pokok seperti kantin kita di sini (area Balaikota), di pasar-pasar yang sudah kita fasilitasi, resto-resto yang sudah berizin dan taat bayar pajak, semuanya sudah teredukasi dan sudah diperiksa oleh pemerintah pusat sebagai tempat yang aman dari sisi pangan dan halalnya,” jelas Idris.

Pemerintah Kota Depok akan senantiasa mendukung segala upaya yang dilakukan Satgas Pangan Aman Kota Depok, dalam rangka mengawasi peredaran produk-produk obat dan makanan yang beredar di masyarakat,” tegasnya. (**).