Hari Ini Upacara Hari Santri Tahun 2023 Digelar, “Jihad Santri Jayakan Negeri”

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Peringatan Hari Santri Nasional 2023 jatuh pada Minggu, 22 Oktober 2023. Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan diadakan apel atau upacara memperingati Hari Santri.

Kepala Tata Usaha (TU) Kemenag Kota Depok H Hasan mengatakan, Upacara Hari Santri Nasional 2023, telah diatur dalam Surat Edaran Kemenag Nomor SE. 10 Tahun 2023. Berdasarkan surat tersebut, apel Hari Santri 2023 akan digelar pada, Hari/Tanggal: Minggu, 22 Oktober 2023, Waktu: mulai pukul 07.00 WIB, Lokasi: Halaman Kantor Walikota Depok jalan Margonda Raya Depok.

“Peserta upacara yaitu Pimpinan Pesantren dan Pimpinan Pendidikan Keagamaan Islam se-Kota Depok, kita sudah siap,” kata Hasan, kemaren.

Bacaan Lainnya

Hasan menyampaikan, Tema Hari Santri Nasional 2023 adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Ada makna penting di balik tema tersebut.

“Tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” memberi pesan bahwa peringatan Hari Santri 2023 akan dirayakan secara semangat dan kegiatan ini juga didedikasikan untuk para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan,” jelas Hasan.

Tema ini juga mengartikan bahwa pada zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas ini, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

Rangkaian Acara Hari Santri Nasional 2023, ada banyak kegiatan yang dilakukan selama maupun ketika menyambut Hari Santri Nasional 2023, antara lain. (**).