Gunakan KADET, Ini Inovasi PLN Jaga Kelancaran Pasokan Listrik

Editor: PRM

JAKARTA, depokupdate.id – Untuk menjaga kondisi fisik sisi dalam insulator, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) melakukan serangkaian kegiatan Asesmen Insulator di dua lokasi strategis, yaitu di Bay Plumpang Baru #1 & #2 serta Bay Plumpang #1 GIS Priok Timur Baru. (17/05/2024).

Kegiatan yang dilakukan Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pulogadung itu dilakukan khusus bagian Ball dan Socket Cap, dimana diketahui itu merupakan bagian vital dalam menjaga kelancaran pasokan listrik.

General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan mengatakan, Asesmen dilakukan dengan memanfaatkan perangkat berteknologi tinggi bernama Kadet (Camera Detector), yang mampu memberikan visualisasi detail terhadap kondisi insulator tanpa perlu membongkar atau merusak struktur tersebut.

Bacaan Lainnya

“Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) secara cermat memindai setiap insulator di kedua lokasi tersebut, mengumpulkan data visual secara real time melalui Kadet. Hasil dari asesmen ini menjadi dasar untuk melakukan langkah-langkah pemeliharaan atau perbaikan yang dibutuhkan,” kata Didik melalui keterangan resminya, Jumat (17/5/2024).

Lebih lanjut Didik menambahkan, dengan adanya Kadet (Camera Detector), Tim PDKB dapat melakukan tindakan preventif secara tepat dan efisien. Teknologi ini memungkinkan untuk mendapatkan gambaran yang sangat akurat tentang kondisi insulator.

Ia juga menjelaskan bahwa asesmen insulator merupakan bagian dari upaya PLN dalam memastikan keandalan dan keamanan sistem kelistrikan. “PLN terus mengadopsi teknologi terbaru dalam melakukan kegiatan operasional untuk meningkatkan efisiensi dan layanan kepada masyarakat,” pungkasnya.