Gubernur Jabar Ke Depok Dengan Sejumlah Program Unggulan

GEDUNG BALEKA II, depokupdate.com – Dalam rangka kunjungan kerja ( kuker) Gurbenur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil ke kota Depok Kamis ( 18/7/2019) terkait mengatasi permasalahan kemacetan di Kota Depok, khususnya di sepanjang Jalan Dewi Sartika, Pancoran Mas. Gubernur Jabar  telah menganggarkan pembangunan underpass untuk jalan dan pembahasan mengenai wisata Setu Rawa Kalong.Dalam Kunjungan itu Gubernur Jabar melakukan rapat tertutup dengan Walikota Depok Muhammad Idris beserta jajarannya.

Saat di temui awak media di Gedung Baleka II  kota Depok Ridwan Kamil yang biasa di sapa kang Emil memaparkan secara rinci rencana kedua proyek tersebut.

“Tahun ini kita telah menyelesaikan rancangan untuk penyelesaian kemacetan di Jalan Dewi Sartika. Kita bangun underpass, sudah ada DED nya dan dikerjakan tahun 2020,” ujarnya
Menurutnya, untuk pembangunan underpass, pihaknya telah bersepakat dengan Walikota Depok, Mohammad Idris bahwa untuk pembebasan lahan dilakukan oleh Pemkot Depok.

Bacaan Lainnya

“Karena keterbatasan anggaran, maka pembebasan lahannya dilakukan oleh Pemkot Depok, dan konstruksinya dari Pemprov Jabar,” terangnya lagi.

Selain pembangunan underpass, lanjutnya, Pemprov Jabar juga sedang memproses penataan kemacetan jalan di depan Stasiun Citayam serta penataan Setu Cikalong.

“Depok merupakan satu satunya kota yang  memiliki banyak danau, karena itu perlu ditata untuk dijadikan sebagai tempat wisata, sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah dimana situ rawa kalong yg pertama di revitalisasi sebagai tempat wisata ,” ucap Ridwan Kamil.

Untuk di ketahui Dana segar sebesar Rp. 30 miliar telah di keluarkan untuk revitalisasi Situ Rawa Kalong dimana saat ini telah memasuki tahap konstruksi.” Jadi Situ Rawa kalong dulu , sisanya 20 Situ akan kita proses ” ujar mantan walikota Bandung ini.
Lebih jauh Gubernur memaparkan program lainnya untuk Depok seperti  program layak rawat dengan mendatangkan dokter ke rumah – rumah warga miskin dengan membawa bantuan obat- obatan gratis dengan biaya dari Provinsi Jabar. Sementara itu untuk Program Quick Response berbasis teknologi  di paparkan Ridwan Kamil untuk merespon sebuah peristiwa dengan cepat dimana Dananya  pun telah di anggarkan oleh Gubernur.

Sementara itu, Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa  rancangan pembangunan underpass dan penataan Setu Rawa Kalong sudah ada dalam RPJMD Pemprov Jabar.

“Tahun 2019 ini sudah ada DED penataan Situ Rawakalong dan penataan masalah kemacetan akan  dibangunan underpass di jalan Dewi sartika, serta flyover di Citayam,” pungkasnya. (Lucy/DiM)

Tinggalkan Balasan