Grand Final Pemilihan Duta Genre Kota Depok, Lahirkan Generasi Berprilaku Positif Secara mental, Intelektual, dan Sosial.

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok bersama Duta GenRe dan Ajang Kreatifitas Remaja (Adujak) Kota Depok tahun 2023 menggelar acara Grand Final Pemilihan Duta Genre Tahun 2023.

Pemilihan Duta Genre dilaksanakan di aula lantai 10 Gedung Dibaleka, Minggu (22/10/2023), berlangsung meriah dengan kehadiran suporter para finalis di 11 Kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, Nessi Annisa Handari dalam sambutannya mengatakan, grand final di ikuti sebanyak 22 finalis dari Duta Generasi Berencana (GenRe) dari seluruh kecamatan bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Menurutnya ini bertujuan untuk mengapresasi para remaja yang sudah terlibat aktif dalam berbagai macam program GenRe agar kalangan remaja memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Bacaan Lainnya

“Sehingga Duta Genre yang terpilih nantinya mampu menjadi contoh dan figur teladan bagi remaja lainnya terutama dalam membangun kesiapan berkeluarga,” ujarnya.

“Grand Final Pemilihan Duta Genre yang merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah, dan NAPZA,” tambahnya.

Karena remaja memegang peranan penting sebagai agen untuk memberikan akses informasi melalui cerminan sikap positif di berbagai aspek kehidupan, sehingga remaja merupakan faktor penentu kesuksesan bangsa di masa yang akan datang,” ujar Nessy.

Nessy menjelaskan, pada Grand Final Adujak ini dari 22 finalis yang telah mengikuti serangkaian penilaian dipilih sepuluh finalis yang akan masuk ke lima besar. Kemudian mereka melakukan sesi tanya jawab bersama para juri yang hadir dari Duta GenRe Tahun 2019 dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Setelah itu, ada enam finalis yang masuk ke tiga besar dan melakukan sesi tanya jawab untuk menentukan siapa yang menjadi Duta GenRe Kota Depok tahun 2023,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, forum GenRe telah banyak menciptakan remaja di Kota Depok menjadi lebih kreatif, inovatif dan memiliki kualitas. Hal itu terbukti dengan adanya duta GenRe yang mampu menjadi Master of Ceremony pada acara yang diselenggarakan oleh instansi Pemerintah Kota Depok.

“Selain itu juga banyak remaja mendapatkan pekerjaan karena jejaring mereka sudah luas karena mereka memiliki kepercayaan diri yang bagus,” tutupnya. (**).