Go To Zero Stunting, Lurah Abadijaya Canangkan Berjamaah Itu Penting Bersama Jumat Berkah Tuntaskan Stunting

depokupdate.id, Depok – Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya, terus berupaya mencegah dan menurunkan angka stunting agar generasi mendatang lebih sehat dan kuat.

Lemahnya sentuhan, ajakan dan informasi terkait pentingnya kepedulian pada balita stunting. Maka Pencegahan dilakukan dalam bentuk program melaksanakan kegiatan Jum’at Berkah dengan Merdeka Stunting “Berjamaah itu penting bersama Jumat Berkah tuntaskan Stunting”.

Lurah Abadijaya Sodik Murdiono mengatakan, kegiatan Jum’at Berkah ini dilakukan dengan Pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa bubur ayam dan bubur kacang ijo ke rumah Balita Stunting dan juga di Posyandu.
“Jumat berkah adalah kegiatan yang rutin dilakukan di Kelurahan, Untuk Jumat Berkah bulan ini spesial dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 77,” kata Lurah,  ketika di acara sisialisasi jumat berkah, kepada warga masyarakat, RT, RW, TP PKK, Katar dan tokoh masyarakat.

Kehadiran bunda Elly dan Anggota DPRD Depok Farida, menambah motivasi para kader untuk meningkatkan hasil di jumat berkah

Program Jumat Berkah yang di inisiasi serta digagas pertama kalinya oleh Lurah Abadijaya ini bukan karena sebab, menurutnya “Berjamaah itu penting bersama Jumat Berkah tuntaskan Stunting”, ini slogan yang kerab di sampaikan kepada warganya.

Bacaan Lainnya

“Kami juga terus memotivasi Ibu dengan Balita Stunting dan ibu-ibu yang ada di Posyandu untuk selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka di Posyandu dan Puskesmas,” ujar Sodik.

Menurutnya, agar terkontrol pertumbuhan dan perkembangannya, serta memberikan apresiasi kepada seluruh kader Posyandu yang telah bekerja dengan baik dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting.

“Semoga kegiatan Jumat Berkah ini dapat berlanjut terus dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada warga Kekurahan yang kita cintai. Amin,” tuturnya.

Kembali Sodik mengatakan, bahwa Jum’at Berkah dalam meningkatkan cakupan tersebut diperlukan koordinasi multi-sektoral yang memadai. Dari mulai perlindungan anak dan perempuan, pendidikan, masyarakat dan urusan agama sering terlewatkan hingga keterlibatan dari remaja yang menjadi target dari program.

“Untuk itu, pencegahan dilakukan dalam bentuk suplementasi zat besi dan asam folat mingguan atau yang disebut dengan Tablet Tambah Darah (TTD) perlu diperluas,” ujarnya.

Di HUT RI ke-77 kali ini spesial, karena selain melakukan kunjungan rumah warga yang menderita sakit kronis seperti Jum’at berkah yang biasa dilaksanakan juga dilakukan kunjungan dan pemberian PMT kepada Balita Stunting.
“Kegiatan kami ini ikut menyukseskan salah satu program bapak Walikota Depok, yakni GO TO ZERO STUNTING,” tutupnya. (Adi).