Festival Kebangsaan Ribuan Peserta dan Warga Kota Depok Ikut Meriahkan HUT ke 78 RI di Alun Alun Depok

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Ribuan peserta mengikuti Karnaval Kebangsaan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) yang dipusatkan di Alun-alun Kota Depok, di Boulevard Grand Depok City (GDC), Cilodong, Sabtu (26/08/2023).

Disambut Antusias oleh Warga Kota Depok, Parade Pakaian Adat Nusantara dan Mobil Hias di Karnaval HUT RI. Sekitar 2.750 orang terlibat menampilkan kreativitas dan inovasi program unggulan di instansi tempat mereka bekerja.

Sejak pukul 06.00 WIB, peserta dan warga dari berbagai penjuru Kota mulai memadati jalan-jalan protokol di Boulevard Grand Depok City (GDC), Cilodong, Iring-iringan karnaval dalam balutan beragam pakaian adat Nusantara disambut gembira dan antusias oleh ribuan warga. Parade mobil hias juga menjadi ajang adu kreativitas dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Depok, KH. Muhammad Idris, Wakil Walikota Imam Budi Hartono bersama Sekda Kota Depok H Supian Suri, didampingi para OPD serta Dir. PDAM secara langsung menyaksikan peserta Karnaval Kebangsaan. Sambil mengenakan pakaian adat, para peserta melakukan pawai dari Gedung Pramuka Depok menuju Alun-Alun Kota Depok yang berada di kawasan GDC sejauh kurang lebih 1,4 Km.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI tingkat Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengatakan, Karnaval Kebangsaan melibatkan berbagai komponen masyarakat. Di antaranya, perangkat Daerah, lembaga, dan komunitas.

“Ada 2.750 peserta meramaikan puncak Semarak HUT ke-78 RI tingkat Kota Depok pada acara Karnaval Kebangsaan hari ini,” katanya saat menyampaikan laporan kegiatan di Alun-alun Kota Depok.

Menariknya seluruh peserta pawai ada yang mengenakan pakaian adat tradisional Nusantara, baju bernuansa Merah Putih, hingga menampilkan mobil hias berdasarkan ikon perangkat daerahnya masing-masing.

Seperti Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok yang menampilkan mobil hias berbentuk miniatur Kantor Kelurahan bercorak warna hijau. Miniatur tersebut terbuat dari bahan triplex dengan hiasan bunga-bunga yang dibuat hanya dalam waktu dua hari.

“Sebagai perangkat daerah yang membantu pemerintah dalam bidang pembangunan, kami bawa mobil hias miniatur kantor kelurahan karena setiap tahunnya Disrumkim sudah membangunkan gedung kantor kelurahan dan kecamatan agar memperlancar aktivitas pelayanan masyarakat,” ujar Kepala Disrumkin Kota Depok, Dadan Rustandi.

Ditempat yang sama Direktur Utama Muhammad Olik Abdul Holik, berharap, peringatan HUT RI tahun ini menjadi momentum bagi masyarakat menyaksikan Karnaval Kemerdekaan, bahwa dalam menggapai kemerdekaan itu membutuhkan perjuangan yang panjang. Dengan berbagai bentuk pengorbanan.

Dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju. “Karnaval Kebangsaan ini betapa Indahnya, adanya keseragaman, kekompakan, serta kemampuan menampilkan atraksi yang menarik.

“Diharapkan kegiatan ini akan memperkuat rasa cinta tanah air serta semangat kebangsaan di tengah masyarakat, ” tutur Olik.

Seperti peserta dari Kecamatan Sawangan yang menampilkan mobil hias berbentuk miniatur pesawat dan hasil pertanian.
Sementara nampak Camat Sawangan, Anwar Nasihin msngenakan seragam pilot lengkap dengan atirbutnya. (**).