Expo Milenial Katar Mekarjaya Hasilkan Talenta Talenta Muda Berkarya, Inovasi Digital Anak Muda Zaman Sekarang

BRITAJABAR.COM, SUKMAJAYA – Sebagai momentum memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 dan memperdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Karang Taruna (Katar) Kelurahan Mekarjaya menggelar Expo UMKM Milenial Katar, dengan tema “Sinergi Dalam Kreasi” di Taman Merdeka Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Dibuka langsung oleh Camat Sukmajaya Wiyana, pada hari ini Minggu (6/11/2022).

Nampak hadir kabid pengawasan pada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok Zaky Fauzan, Sekjen Katar Nasional Deden Sirajudin, Camat Sukmajaya Wiyana, Lurah Mekarjaya, Nelda Purnadia Wardhani, Sekjen Katar Nasional Deden Sirajudin, Katar Kota Depok Jayadih, para Ketua RT, RW para pelaku UMKM Mekarjaya, dan Katar mekarjaya serta jajarannya.

Camat Sukmajaya Wiyana, menjelaskan Expo Katar Mekarjaya ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Katar Kelurahan Mekarjaya dan difasilitasi oleh Lurah Mekarjaya. Dan ini merupakan sekaligus mendukung para UMKM untuk menjajakan produknya serta memberikan wadah kreatifitas para pemuda.
“Alhamdulillah Expo Katar Mekarjaya, bisa digelar kembali setelah masa pandemi  tidak diadakan. Tepat sekali pada tahun ini dijadikan momentum untuk para pemuda dan pelaku UMKM untuk menjadikan wadah aspirasi, kreatifitas serta dapat memperkenalkan produk-produk yang ada di Kecamatan Benda,” jelas Wiyana.

Sementara itu, Ketua Katar Mekarjaya Febry Purwa Admaja, menuturkan Expo Milenial Katar Mekarjaya beragam rangkaian yang ada di Expo, antara lain bazar UMKM, pagelaran seni, lomba lomba, seminar Digital media sosial secara positif, UMKM dan pelatihan milenial untuk 31 RW di Kelurahan Mekarjaya, dan pelatihan UMKM telah dilaksanakan.

“Untuk Expo milenial UMKM, sebelum kami telah melakukan pelatihan UMKM bagi para Anggota Katar, pelatihan managemen organisasi Katar, pagelaran seni, tarian, lomba lomba remaja, tari kreatif,” ungkap Febry.

Bacaan Lainnya

Untuk kedepannya, Febri berharap bisa menjadi entrepreneur yang mandiri, acara seperti Expo Katar milenial Kelurahan Mekarjaya ini dapat terus diadakan terlebih untuk mendukung kegiatan para pemuda di Mekarjaya dan khususnya Katar Sub unit RW.

Ucapan terima kasih terhadap Pak Camat, bu Lurah Katar Nasional, Katar Kota Depok, yang terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pemuda dan UMKM.
“Expo katar UMKM, Milik Kaum Milenial yang ditujukan kepada para pelaku bisnis milenial khususnya anggota Katar Mekarjaya yang menjalankan UMKM ini,” ucap Febry.

Lurah Mekarjaya Nelda Purnadia Wardhani mengatakan, event UMKM milenial Katar Mekarjaya mempersembahkan Master Class, program pembinaan yang memberikan kesempatan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Pemerintah Kelurahan menggandeng Katar untuk mengikuti pembinaan mendalam (in-depth coaching) bagi peserta UMKM katar di masing-masing RW.
“Ini Produksi Barang Sendiri, Saya apresiasi untuk Katar Mekarjaya. Mereka belajar dan merintis bisnis yang mereka jalani selama ini,” ujar Nelda.

Event yang berlangsung cukup meriah, sebagai bentuk apresiasi kontribusi sektor UMKM pada kemajuan perekonomian Mekarjaya. Menurut Nelda, anak muda punya peran besar dalam sejarah Indonesia. Awal kemerdekaan Indonesia, yaitu Sumpah Pemuda, diinisiasi oleh pemuda.
“Apa peran kaum millenial Katar Mekarjaya? Katar Mekarjaya terus berkarya, berinovasi yang kreatif, sehingga Kota Depok nanti akan Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nelda mengajak anak muda Katar mekarjaya untuk terus memberikan yang terbaik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Kami mengajak anak muda, dari Kelurahan Mekarjaya sampai ke RT dan RW harus kita berikan yang terbaik,” ujarnya.

bagi hidup bangsa. Kalau tidak bisa memberikan sumbangsih, at least jangan menambah beban dengan menceraiberaikan bangsa,” ujarnya. (adi).