Dua Tokoh Depok Hadiri Lebaran Kampung Kita ‘Stangkle’ Bang SS dan Bang PS, Tradisi Lebaran Depok Kudu Diangkat Dilestarikan agar Depok Punya Identitas 

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Beji – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok H Supian Suri bersama Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Pradi Supriatna menghadiri Lebaran Kampung Kita Warga Kp. Stangkle Kelurahan Kemiri Muka Kecamatan Beji, Lebaran Kp. Stangkle di Lapangan volly H. Nalim Neih, RW 16 Kelurahan Kemiri Muka Kecamatan Beji Kota Depok.

Supian Suri mengapresiasi gelaran tradisi kebudayaan tersebut sebagai pembuktian pelestarian kebudayaan serta kebangkitan Depok tempo dulu yang semakin meningkat di Kota Depok.

“Senang bisa diundang ke acara Lebaran Kampung Kita untuk Warga Kp. Stangkle, semua hebat luar biasa. Berbagai kalangan bisa hadir mengokohkan toleransi dengan berbagai pemuka agama yang hadir. Bentuk kerukunan dengan keguyuban dalam melestarikan kebudayaan,” ucap Sekda Kota Depok H Supian Suri kepada awak media, Sabtu (11/05/2024) malam.

Pradi Supriatna bersama Supian Suri di atas panggung memberikan sambutan

Dikatakannya, Lebaran Depok merupakan bentuk promosi jati diri Kota Depok, menampilkan seni tradisional gambang kromong. Termasuk dengan kamus bahasa Depok sehingga bahasanya bisa terus dilestarikan.

Bacaan Lainnya

Setelah itu kata Supian, budaya harus mempunyai identitas. Identitas budaya Depok dapat dilihat dari peci atau kopiah dan batik. Kota Depok banyak memiliki motif batik khas, salah satunya Gong Si Bolong.

Menurut Supian Suri, Lebaran Depok merupakan sebuah tradisi leluhur asli orang-orang Depok zaman dahulu yang patut dilestarikan. 

“Setiap Jumat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Depok juga sudah terapkan memakai pakaian khas Depok. Ini bukti menunjukkan identitas kita agar budaya Depok tidak hilang,” ujarnya.

Sementara itu Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang baru terpilih Pradi Supriatna, mengatakan tradisi Lebaran Depok dan saat ini sudah menjadi tradisi dikampung-kampung, merupakan salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan.

“Lebaran Depok adalah peninggalan nenek moyang yang sudah dilakukan sejak dahulu, kini kita harus lestarikannya agar dikenal banyak orang, termasuk lebaran Kp. Stangkle ini,” kata Pradi Supriatna, yang juga sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Kota Depok ini.

Menurut Pradi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam melestarikan budaya Depok, di antaranya mempelajari budayanya dan mendalami atau mengikuti setiap kegiatan yang berhubungan dengan budaya Depok.

“Salah satunya Lebaran Kp. Stangkle ini, semua warga datang dan ramaikan, seni tradisional gambang kromong,” ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Minan Adi dan Ketua Pesat Budi Setiawan, mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Pradi Supriatna dan Bang H Supian Suri, telah hadir di acara tersebut.

“Saya bersyukur kedua tokoh Kota Depok hadir, ini semakin menambah semangat kami dan warga Kp. Stangkle, semoga beliau berdua di beri amanah untuk memajukan Kota Depok,” tutupnya. (**).