DPD PKS Demo KPU Depok, Diduga Ada Penggelembungan Suara

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, DEPOK – DPD PKS Kota Depok melakukan aksi demo damai di depan Kantor KPU Kota Depok, Jalan Margonda Raya, Rabu (6/3/2024), lantaran menemukan dugaan penggelembungan suara.

Anggota DPRD Kota Depok Hengki dalam orasinya menyampaikan, KPU Depok selaku penyelanggara Pemilu diduga telah melakukan kecurangan, berupa pengelembungan suara.

“Kami minta KPU buka pintu dan terima kami, untuk diskusi terkait adanya perubahan hasil suara di TPS, tapi dengan mudah di obrak abrik dengan sistem sirekap,” pekiknya di atas mobil sound.

Bacaan Lainnya

Lantaran itu ia bersama DPD PKS Depok menolak Pemilu curang. Pasalnya, sampai sekarang pemungutan suara belum selesai.
“Ini bahaya, bukan karena melanggar konstitusi tapi sudah melanggar sistem,” ungkapnya.

Wakil Sekretaris DPD PKS Kota Depok Alfian mengatakan, penggelembungan suara dilakukan oleh PPK Sukmajaya, Panmas dan sawangan, dibantu oleh KPU Depok.
“Kami minta KPU keluar dan temui kami, jangan main curang, mentang-mentang diberi kemudahan malah membuat kecurangan,” ceplosnya.

Ia menginginkan, Pemilu dilaksanakan dengan baik dan fair, agar demokrasi Indonesia berjalan baik dan tidak rela KPU Depok lakukan kecurangan.

Dalam aksi demo itu, DPD PKS menyatakan menolak Pemilu curang, Penggelembungan suara adalah kejahatan Pemilu dan cederai demokrasi, Kembalikan suara rakyat sesuai perhitungan di TPS, Tolak sirekap, Laporkan KPU dan PPK yang manipulasi suara dan sengaja Penggelembungan suara, Laporkan KPU Depok ke DKPP sebagai pelanggaran etik dan Bawaslu sebagai kecurangan tindak pidana.

Selain itu, mereka juga meminta usut tuntas pelaku kecurangan, siapa dalang di balik penggelembungan suara.

Dengan desakan itu, KPU Depok akhirnya menerima 5 perwakilan DPD PKS, untuk berdiskusi mengenai tuntutan mereka.

Hasil pertemuan perwakilan DPD PKS dengan Ketua KPU Depok adalah, Ketua KPU Depok Wili Sumarlin, siap menjaga Pemilu yang berintegritas.

Ketua Bidang Hukum DPD PKS Kota Depok Achmad Fatoni merasa optimis ketua KPU terintegritas dan ingin Pemilu Depok jurdil.

Optimisme itu, ia dapatkan langsung dari Ketua KPU, yang menyatakan akan mengobati kebusukan yang ada di badan KPU Depok.
“Aksi ini, di awali bukti dokumen C1 hasil setiap TPS, sehingga kami tahu ada perubahan atau penggelembungan suara di beberapa TPS,” utasnya.

Meski begitu, ia mengaku perlu optimis KPU punya semangat yang sama, ingin menjaga suara rakyat dan dedikasi ketua KPU selenggarakan Pemilu bermartabat. (**)