DLHK Depok Kerahkan Tim Satgas untuk Tangani Pohon Tumbang 

Penulis: YN
Editor: PRM

DEPOKUPDATE.ID – Satuan Tugas (Satgas) Pohon Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok segera dikerahkan untuk menangani pohon tumbang di beberapa wilayah setelah hujan deras dan angin kencang yang melanda pada Rabu malam (17/04/2024).

Menurut Kepala DLHK Kota Depok, Abdul Rahman, lima hingga enam anggota tim segera ditugaskan untuk menangani pohon tumbang dilokasi, antara lain, kampung Sawah Kelurahan Jatimulya Cilodong, jalan raya Jakarta – Kelurahan Bogor Curug Cimanggis, jalan Tanah Baru Beji, jalan Jambu Pondok Cina, jalan Margonda Sempal.

“Ada tiga Satgas diturunkan, tiap satgas berjumlah enam personel,” ujar Abra sapaan akrabnya.

Bacaan Lainnya

Ia juga menambahkan bahwa beberapa jenis pohon yang tumbang di antaranya, pohon pete cina, trembesi, karet randu, akasia, angsana, mangga.

Abra menegaskan bahwa kejadian ini disebabkan oleh kondisi cuaca yang tidak diketahui dan bukan karena faktor lain.

Untuk menanggulangi situasi tersebut, tim Satgas dilengkapi dengan armada seperti mobil dump truck hidrolik, gergaji mesin, golok, dan tambang. Beberapa kerusakan yang disebabkan oleh angin kencang yang menimbulkan kemacetan saat ini sudah teratasi.

“Kondisi macet yang diakibatkan pohon tumbang di tanah baru skrg sdh mulai teratasi,” tambahnya.

Abra mengimbau masyarakat untuk menghindari berteduh di bawah pohon-pohon rindang saat cuaca buruk. Dia juga mendorong warga untuk melaporkan pohon tumbang atau berpotensi tumbang ke Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112.

Dengan upaya tanggap dari Satgas Pohon DLHK, diharapkan penanganan pohon tumbang di Kota Depok bisa berjalan cepat dan aman bagi seluruh warga.

Kejadian serupa juga terjadi dilokasi jembatan Panus Kelurahan Depok, tepatnya di RT 5/7 Kelurahan Depok, tiang listrik milik PLN rubuh hingga menutup jalan. Ketua tim Satgas Pohon DLHK Kota Depok, Eman mengatakan lokasinya beserta warga pelapor dan juga Babinsa sudah berada di lokasi usai menerima laporan warga, langsung melakukan penanganan.

“Saat ini sedang menunggu pihak PLN”, ucapnya.

Eman juga menyampaikan, pihak Satgas pohon sudah terjun langsung hingga di beberapa titik lokasi untuk melakukan penanganan pohon rubuh hingga baliho dan tiang listrik.

“Kita sudah melakukan tugas sesuai laporan warga, ini merupakan bencana dan kami melakukan pelayanan cepat dan tim sudah turun di beberapa titik lokasi”, terangnya.