Camat Panmas, Gelar Pawai STQ Sebagai Persiapan MTQ Tingkat Kota Depok Targetkan 5 Besar

DEPOKUPDATE.ID, PANCORAN MAS – Wakil Walikota Depok H. Imam Budi Hartono (IBH) membuka secara resmi kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-XXII tingkat Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Kegiatan ini di awali dengan menggelar Pawai Ta’aruf pertama dibuka langsung oleh Camat Pancoran Mas, Syaiful Hidayat, melintasi jalan Raya Rangkapan Jaya Baru sampai di Pondok Pesantren Al Hidayah, Selasa (04/10/2022).

Kegiatan ini diprakarsai Camat bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Pancoranmas.

Hadir pada kegiatan STQ ini Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, Ketua LPTQ Pancoran mas, Mus’ab, Kepala Bagian Kesra, dan para Lurah serta pejabat Kelurahan.

Camat Pancoran Mas Syaiful Hifayat mengatakan, Ajang ini diikuti 200 peserta, perwakilan dari 6 kelurahan se-Kecamatan Pancoran mas, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa mengikuti STQ tahun ini. Mereka berasal dari Kelurahan Panmas, Mampang, Depok, Depok Jaya, Rangkapan Jaya, dan Rangkapan Jaya Baru.
“Ini STQ perdana yang kami laksanakan setelah vakum pandemi Covid-19. Para peserta yang menang akan kami ikut sertakan dalam MTQ tingkat Kota Depok,” ucap Syaiful, saat ditemui di Pondok Pesantren Al Hidayah, Selasa (04/10/2022).

Bacaan Lainnya

Syaiful menjelaskan, pada ajang tersebut terdapat dua cabang yang dilombakan yaitu Tilawatil Quran dan Tahfizul Quran. Dengan kategori anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Camat Panmas Syaiful Hidayat menerima lukisan dari peserta pawai STQ

Namun kata Syaiful, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, STQ ke-XXII Kecamatan Pancoran Mas juga menggelar Pawai Ta’aruf yang pertama kalinya di Kota Depok, defile masing-masing Kelurahan tampil memukau dengan rombongannya.
“Ajang ini tidak hanya mempersiapkan para peserta untuk mengikuti MTQ tingkat Kota, maunya saya punya target 5 besar di MTQ mendatang,” papar Syaiful.

STQ di maksudkan untuk menyeleksi para hafidz serta Qori dan Qoriah terbaik dan melanjutkannya ke tingkat Kota. STQ  ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit baru Qori-Qoriah dan Hafidz-Hafidzah di Panmas.
”Diharapkan dapat menghasilkan  Qori-Qoriah dan Hafidz-Hafidzah yang berkualitas dan amanah, serta mampu berprestasi sehingga nantinya akan membawa nama harum Kecamatan Panmas ke tingkat Kota Depok,” ucapnya.
Lurah Rangkapan Jaya Baru Tadjudin, sebagai tuan Rumah penyelenggaraan STQ saat mengikuti Pawai

Syaiful mengajak, seluruh masyarakat menjadikan STQ ini sebagai pemicu dan pemacu untuk lebih memahami isi kandungan Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 
“STQ Ini adalah momentum terbaik yang dapat kita jadikan untuk memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan, agar lingkungan kita tercinta ini menjadi Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghofur, sehingga Allah SWT memberikan rahmat kepada seluruh masyarakat, sehingga Kota Depok akan Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” Tutup Syaiful. (adi).