Camat Limo Apresiasi Panitia Sukses Gelar Pemilihan LPM, Selamat Kepada Ketua Terpilih

DEPOKUPDATE.ID, LIMO – Pemerintah Kota Depok berhasil menggelar Pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) ini diikuti sebanyak Serentak di 63 Kelurahan dari 11 Kecamatan se-Kota Depok, Minggu, (27/11/2027), berjalan dengan baik dan aman.

Meski pemilihan ini tidak melibatkan Kpud setempat, namun tata caranya sama persis dengan pemungutan suara Pemilu, Pilpres dan Pilkada. Waktu pemungutan suara dari pukul 08.00-12.00 Wib.

Penghitungan suara disaksiksan pejabat Lurah dan tokoh-tokoh masyarakat setempat, dan masyarakat sekitarnya.
“Alhamdulilah, pemilihan Ketua LPM serentak di Kecamatan Limo berlangsung sukses tanpa ekses, terima kasih kepada pak Lurah, panitia yang telah sukses penyelenggaraan pemilihan Ketua LPM,” kata Camat Limo Sudadi, saat di temui di kantor Kecamatan Limo Selasa (29/11/2022).

Bacaan Lainnya

Sudadi yang biasa disapa bang Dadi ini, ketika meninjau proses pemungutan suara di sejumlah kelurahan, menyebutkan pemilihan Ketua LPM serentak di 4 Kelurahan kecamatan Limo ini merupakan pesta demokrasi yang tidak kalah meriahnya dengan pesta demokrasi di Pilkada.

Dalam pemilihan ini, lanjut Dadi merupakan ajang pendidikan demokrasi bagi warganya, serta para calon membangun komitmen bersama dan tetap kompak.
“Saya mengapresiasi dan memuji pemilihan Ketua LPM serentak ini sebagai proses pendewasaan warga dalam berpolitik,” ujar Dadi.

“Setiap calon harus berkomitmen siap menang siap kalah dan yang menang didukung, tidak boleh ada barisan sakit hati atau kecewa karena tidak terpilih, mereka harus bersaing sehat pula,” tambahnya.

Dalam pemilihan Ketua LPM lanjut Dadi, diwarnai keunikan-keunikan, seperti panitia pemungutan suara Kelurahan yang menggunakan pakaian adat depok. Para calon pun menggunakan seragam adat. Selain itu, di lokasi pemungutan suara digelar acara makan bersama.
“Dalam pemilihan Ketua LPM ini semua calon menang, yang belum sempat jadi ketua tidak boleh disia-siakan dedikasinya untuk membangun Kelurahan masing-masing,” ujar Dadi.

Menurut Dadi, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah mitra kerja Pemerintah Kelurahan dalam pemberdayaan masyarakat menuju terwujudnya Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

Untuk mewujudkan hal tersebut LPM Kecamatan Limo memiliki Misi melakukan Penguatan kelembagaan dan peningkatan  kualitas Sumber Daya Manusia yang dilakukan melalui pengembangan strategi Pemberdayaan Masyarakat, penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat, Peningkatan partisipasi masyarakat dalam merumuskan  perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan masyarakat. Mendorong tumbuhnya semangat gotong royong dan terus berinovasi.
“LPM diharapkan dapat mendorong gotong royong swadaya masyarakat agar terus tumbuh dan terus meningkatkan kapasitasnya,” ungkap Dadi.

“Bersilaturahmi dengan para pengendali pembangunan yang partisipatif, dari sinilah gotong royong swadaya masyarakat terus bertumbuh,” tuturnya.

“InsyaAllah kegiatan ini adalah sarana untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam mengayomi dan melayani masyarakat,” tambahnya.

“Selamat kepada Ketua LPM terpilih, sebagai garda terdepan membersamai masyarakat,” pungkasnya. (adi).