Aliansi LSM Pendidikan Kota Depok Kunjungi K3S Disebelas Kecamatan

Penulis: YN
Editor: PRM

CIPAYUNG, depokupdate.id – Dalam upaya memperkuat sinergi dan memahami lebih dekat keadaan dilapangan, Aliansi LSM Pendidikan yang terdiri dari lebih dari 10 LSM yang fokus pada bidang pendidikan lakukan kunjungan ke Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) disebelas kecamatan yang berada di Kota Depok.

Menurut Mulyadi Pranowo Ketua Aliansi Kota Depok, kunjungan ini menjadi langkah awal untuk mengenal lebih dekat dengan Kepala-kepala Sekolah.

“Selama ini, kami hanya kenal nama- nama Kepala Sekolah, tetapi belum kenal wajahnya, Mulyadi berharap dapat membangun hubungan yang lebih erat serta paham tentang kebutuhan pendidikan di tingkat bawah,” ujar Mulyadi, Selasa (06/02/2024) di K3S Kecamatan Cipayung.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Dia mengatakan bahwa fokus utama dari kunjungan ini adalah mendengarkan aspirasi K3S terkait sumber dana pendidikan, penggunaan dana pendidikan, serta kondisi sarana dan prasarana pendidikan.

“Informasi-informasi yang ditampung akan kami sampaikan langsung ke Kepala Dinas Pendidikan untuk dijadikan masukan dalam membuat kebijakan dan usulan untuk diprioritaskan,” tuturnya.

Mulyadi juga memberikan imbauan positif terkait pengelolaan Bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS).

“Dana BOS harus digunakan sesuai dengan Nomenklatur yang diatur dalam juknis, tercantum dalam RAKS atau ARKAS. Semua pembelanjaan harus dilakukan dengan tertib dan dapat dipertanggung jawabkan,” tandasnya.

Aliansi LSM Pendidikan ini telah berkoordinasi dengan Inspektorat Daerah (Irda) untuk meningkatkan bimbingan terhadap Kepala Sekolah dan operator sekolah guna meningkatkan pengelolaan keuangan. Hal ini bertujuan agar tidak ada kepala sekolah atau pejabat dinas yang terlibat dalam masalah hukum.

Aliansi juga berharap adanya optimalisasi peran Pengawas Pendidikan. “Menurut kami pengawas ibarat Dokter spesialis, yang harus tahu anatomi sekolah binaannya, tahu kekurangannya. Untuk mencapai standar pendidikan, pengawas juga harus tahu cara pengobatannya, harus punya solusi juga untuk disampaikan ke Kepala Dinas Pendidikan,” ucap Mulyadi.

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang dikunjungi meliputi Kecamatan Sawangan, Bonjongsari, Limo Cinere, Beji, Sukmajaya, Cimanggis, Tapos, Cilodong, Pancoran Mas, dan Cipayung. Semoga langkah konkret ini dapat memberikan kontribusi positif untuk perbaikan sistem pendidikan di tingkat daerah.