Wakil Walikota Depok Buka Resmi Event Festival Formakot

DEPOKUPDATE.ID, DEPOK – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Depok, hari ini menggelar event Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Kota (Formakot) Depok 2022 pada 21 Oktober 2022, di lapangan kantor Walikota Depok.

19 Induk Organisasi Olahraga (Inorga) event tersebut diikuti lebih dari 2.000 peserta, di buka langsung oleh Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, nampak hadir mendampinginya Sekda Kota Depok Supian Suri, Kepala Disporyata Dadan Rustandi, Kepala Dinas Pendidikan Wijayanto, Ketua KONI Kota Depok Herry, Ketua KORMI Kota Depok, M Olik Abdul Holik, para Ketua Inorga Kormi Kota Depok.

Selain itu, juga dihadiri oleh KORMI Provinsi Jawa Barat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta penggiat olahraga masyarakat di Kota Depok.

“Alhamdulillah KORMI hari ini mulai lakukan Festival Olahraga masyarakat, sebagai satu satunya wadah berhimpun berbagai induk organisasi olahraga rekreasi masyarakat Indonesia yang berstatus mandiri,” ucap Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, Jumat (21/10/2022), usai pembukaan Festival Formakot Kota Depok.

Bacaan Lainnya

Imam mengatakan, event ini sebagai ajang menyosialisasikan keberadaan KORMI Kota Depok, di mana hanya baru sebagian saja warga yang mengetahui tentang KORMI.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Bang Imam ini menjelaskan, kegiatan Formakot 2022 ini sejalan sejalan dengan UU No11 Th.2022 Tentang Keolahragaan dan juga Perpres No.86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional Tahun 2045 ( DBON ) masyarakat Indonesia Bugar, Unggul, berkarakter dan gembira.
“Sejalan juga dengan menjadikan warga Kota Depok yang sehat, maju, berbudaya dan sejahtera,” tuturnya.

Selain itu keberadaan KORMI dengan membuat event FORMAKOT 2022 ini untuk mengajak masyarakat dan memperkenalkan berbagai Jenis Olahraga.
“Mudah mudahan event ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga tingkat kesehatan dan kebugaran melalui Angka Partisipasi Masyarakat untuk ber-olahraga,” tuturnya.

Sementara, Ketua KORMI Kota Depok M Olik Abdul Holik, yang didampingi Panitia Formakot 2022 A. Jafar Sidik mengatakan, event FORMAKOT 2022 ini diikuti lebih dari 2.000 peserta, berlangsung dari tanggal 21-23 Oktober 2022.

Berbagai jenis olahraga akan dilombakan. Untuk tempat bertanding kata dia, dipusatkan di tengah kota Depok sehingga masyarakat bisa melihat pertandingan.
“Kurang lebih 2.225 orang yang direncanakan mengikuti acara FORMAKOT 2022. Venue-nya sendiri ada di pusat-pusat kota. Sehingga masyarakat bisa melihat,” kata dia.

Olahraga yang dilombakan di event Formakot 2022, lanjut dia, adalah olahraga tidak ditemui di ajang event olahraga biasa hingga internasional. Sehingga, dapat menjadi magnet bagi masyarakat untuk menonton.

Untuk venue pertandingan, Olik menambahkan, pertandingan akan tersebar seperti Balaikota, Alun-alun dan berbagai pusat keramaian umum lainnya, yakni Dmall, City Plaza , Pesona Square dan lain-lain.
“Formakot ini mulai hari tanggal 21-23 Oktober 2021. Pembukaaan acara Formakot Depok 2022 ini dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Walikota Depok pada tanggal 21 Oktober,” paparnya.

Selain itu KORMI Depok, olahraga yang tampil di Formakot adalah olahraga tradisional. Ajang ini kata dia, pengingat dan menjaga olahraga tradisional sehingga tidak hilang dan diakui. “Olahraga tradisional jangan dilupakan,” tuturnya.
“Dengan 19 Inorga yang akan bertanding dalam Formakot 2022 sudah cukup banyak, kami harap kita bisa bersama-sama menyosialisasikan KORMI agar lebih dikenal, serta dan juga Formakot 2022 menjadi meriah,” pungkasnya.

Diri mengucapkan terima kasih kepada Walikota Depok, Wakil Walikota Depok, Sekda Kota Depok, dan seluruh masyarakat yang membantu kelancaran kegiatan Formakot ini.

Adapun Inorga yang terlibat yakni, Aliansi Kungfu Tradisionil Indonesia (AKTI), STI ( Senam Tera Indonesia (STI),Senam Klub Jantung Sehat (KJS), Senam Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA), Senam NAKASIMO, Senam Lien Tieng Kung, Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI), Federasi Seni Panahan Tradisionil Indonesia (FESPATI), Ikatan Langkah Dance Indonesia (ILDI), Beladiri Kempo Indonesia (BKI), Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (PELANGI). Pelestari Olahraga Tradisionil Indonesia (PORTINA), Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI), Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI), Yayasan Pendidikan Olahraga Karate (YPOK), Assosiasi BMX Indonesia (ABI), Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI), Komunitas Indonesia Skateboard (KIS) dan Indonesia Drum Corps Association (IDCA). (adi).