25 Walikota Se-Indonesia Mau Rapat Apeksi Di Depok, Disuguhin Pentas Seni dan Budaya Asli Depok, Ini Agendanya

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok – Kota Depok akan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi) pada 16-18 Mei 2024. 

Dalam kegiatan tersebut, dijadwalkan akan dihadiri oleh 25 kepala daerah dari sekitar Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng), DKI Jakarta, dan Banten.

Kegiatan akan diawali dengan welcome dinner di Ballroom Margo Hotel pada 16 Mei, menampilkan pakaian adat Depok.

Bacaan Lainnya

“Pada acara welcome dinner akan ada ucapan selamat datang dari Walikota Depok, penyerahan cinderamata, sambutan dari perwakilan pelaksana APEKSI dan diakhiri dengan makan malam yang akan menampilkan peragaan busana dan tarian tradisional Kota Depok,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Rakorkomwil III Apeksi, R. Gandara Budiana, Rabu (15/05/2024) di ruang kerjanya.

Kemudian, pembukaan Rakorkomwil III Apeksi, akan digelar pada tanggal 17 Mei, di Ballroom Margo Hotel.
“Tanggal 17 Mei hari Jumat itu pembukaan Lebaran Depok, sekaligus ada pembukaan Rakorkomwil APEKSI,” ujarnya.

“Terus Jumat sore Nantinya mereka pakai baju adat akan dikenakan saat menghadiri Perayaan Lebaran Depok di Alun-alun Kota Depok pada hari kedua 17 Mei,” katanya.

Direncanakan, acara tahunan ini dibuka langsung oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin serta dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Eri Cahyadi yang juga menjabat sebagai Walikota Surabaya. 

“Nantinya, akan dibahas program kerja dan rekomendasi untuk Rakornas Apeksi ke- XVII di Balik Papan, serta pembahasan isu strategis dengan tema transformasi urban integrasi ekonomi kreatif dan teknologi disruptif untuk pembangunan Kota berkelanjutan,” tuturnya. 

“Kota Depok akan mengajukan Angkutan masal MRT, koridor Terminal Depok menuju Jakarta. Kemudian pada 18 Mei, akan ada laporan hasil Rakorkomwil III serta penutupan,” tandasnya.

Gandara Budiana, saat ini menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesra (Aspemkesra) Setda Kota Depok, mengatakan, pelaksanaan Rakorkomwil III APEKSI tahun ini mengangkat tema ‘Kolaborasi Pengentasan Permasalahan Perkotaan Menuju Indonesia Emas 2045’. 

Gandara mengungkapkan, berbagai ragam budaya asli Depok akan disuguhkan, mulai dari makanan tradisional, tarian, hingga menyiapkan pakaian pangsi lengkap untuk kepala Daerah dan batik khas Depok untuk para istri. 

“Nanti ada tampilan tarian budaya Kota Depok, kami juga menyiapkan Kuliner yang disajikan oleh UMKM seperti makanan khas Depok seperti dodol, olahan belimbing, pecak ikan, dan lainnya,” tuturnya 

Gandara menambahkan, saat kunjungan perayaan Lebaran Depok, para Kepala Daerah juga akan dikenalkan beragam tradisi yang dimiliki Kota Berjuluk Seribu Maulid ini. 

“Budaya Depok yang ditampilkan saat Perayaan Lebaran Depok, mulai dari penampilan seni budaya, festival budaya, aneka pameran dan berbagai tradisi lainnya,” tutupnya. (**).